Lesehan Ilmiah Mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia Stambuk 2023 UIN Sumatera Utara Medan

Dalam rangka mengeratkan hubungan kekeluargaan di Prodi Tadris Bahasa Indonesia FITK Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, diselenggarakan kegiatan Lesehan Ilmiah pada Sabtu, 18 November 2023 di Pantai Cemara Kembar, Perbaungan. Kegiatan ini selain dihadiri oleh seluruh mahasiwa baru dan mahasiswa HMJ, juga dihadiri oleh Ketua dan Sekretaris Prodi Tadris Bahasa Indonesia, yaitu Rina Devianty S.S., M.Pd, dan Dr. Riris Nurkholidah Rambe, M.Pd. beserta staf prodi Maya Siti Sakdah, M.Pd.

Kegiatan Lesehan ilmiah Tadris Bahasa Indonesia Stambuk 2023 dimulai dengan pengarahan pada pukul 07.00-08.00 WIB di lapangan gedung FITK. Para peserta diberikan informasi mengenai tata tertib acara Lesehan Ilmiah tersebut. Pukul 08.00 WIB, semua peserta berangkat menuju lokasi acara menggunakan tiga bus pariwisata. Tiba di lokasi Pantai Cemara Kembar pada pukul 09.30 WIB.

Acara dimulai pukul 10.00 WIB oleh pembawa acara. Doa pembukaan disampaikan oleh Taufik dan dilanjutkan dengan laporan ketua panitia. Selanjutnya, kata sambutan dari Kaprodi Tadris Bahasa Indonesia, Rina Devianty, S.S., M.Pd. Beliau memberikan arahan terkait tujuan dan manfaat dilaksanakannya kegiatan Lesehan Ilmiah tersebut serta memberikan apreasiasi kepada panitia dan peserta yang sudah hadir. Acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang” Tips Menulis bagi Pemula” yang disampaikan oleh Syahda, mahasiswa semester III. Syahda menjelaskan kiat sukses dalam menulis di berbagai media, baik media online ataupun media cetak. Materi yang disampaikan memberikan wawasan dan pengetahuan baru kepada peserta. Selanjutnya dilakukan kegiatan foto bersama sebelum memasuki kegiatan permainan.

Kegiatan permainan dipandu oleh Taufik, Kegiatan dimulai dengan melakukan ice breaking dan hukuman bernyanyi untuk para peserta yang salah dalam melakukan ice breaking tersebut. Setelah kegiatan tersebut, dilanjutkan dengan sesi istirahat (isoma). Waktu tersebut digunakan bagi peserta untuk makan siang dan beristirahat sejenak. Pada pukul 13.30 WIB, permainan dimulai dengan berbagai aktivitas, seperti maju mundur (konsentrasi), sarung, bola-bola, dan sarung air.

Setelah semua permainan selesai, dilakukan pembagian hadiah untuk peserta yang menang. Pukul 16.00 WIB, setelah melaksanakan salat Asar, semua peserta bersiap-siap menaiki bus untuk kembali ke Kampus UIN Sumatera Utara.