Kurikulum Prodi Tadris Bahasa Indonesia

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara Medan mempunyai sebelas jurusan/program studi strata satu, yaitu: Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Bimbingan Konseling Pendidikan Islam (BKPI), Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Tadris Bahasa Inggris (TBI), Pendidikan Matematika (PMM), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Tadris Ilmu Pengetahuan Ssosial (TIPS), Tadris Biologi (TBIO), dan Tadris Bahasa Indonesia (TBInd.).

A. Identitas Program Studi Tadris Bahasa Indonesia

NOIDENTITAS KETERANGAN
1Perguruan Tinggi:Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
2Fakultas:Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
3Jurusan:Tadris Bahasa Indonesia
4Akreditasi:
5Gelar Akademik:S. Pd.
6Kode Jurusan pada PDPT:
7Bahasa Pengantar:Indonesia
8Program         Studi       yang Relevan:PGMI, PIAUD
9Tanggal Program Spesifikasi:
10Syarat masuk:Lulus salah satu dari jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN), Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN), dan Seleksi Ujian Mandiri (UM).

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN DAN

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN JENJANG SARJANA

PROGRAM STUDI TADRIS BAHASA INDONESIA

  1. PROGRAM STUDI TADRIS BAHASA INDONESIA
  2. Profil Lulusan Program Studi

Profil  utama  lulusan  Program  Studi  Tadris Bahasa Indonesia adalah  pendidik, peneliti dan pengembang bahan ajar Bahasa Indonesiayang berpengetahuan luas, mendalam dan mutakhir di bidangnya, berkeprinadian baik, berkemampuan dalam melaksanakan tugas serta bertanggungjawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.  

ProfilDeskripsi
Pendidik/Praktisi PendidikanSarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan,   kemampuan   manajerial dan tanggung jawab sebagai pendidik dalam  bidang  mata  pelajaran  Bahasa Indonesia pada sekolah/madrasah (SMA/MA/SMK/MAK) yang berkepribadian  baik,  berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan berkepribadian Islami.
Asisten PenelitiSarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan,   kemampuan   manajerial dan tanggung jawab sebagai asisten peneliti dalam bidang Bahasa Indonesia   yang berkepribadian  baik,  berpengetahuan luas dan mutakhir di bidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian
Pengembang   Bahan AjarSarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan,   kemampuan   manajerial dan tanggung jawab sebagai pengembang bahan ajar dalam bidang Bahasa Indonesia pada sekolah/madrasah (SMA/MA/SMK/MAK) dan bidang Bahasa Indonesia  yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian
Editor, penyunting  Bahasa IndonesiaSarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan,   kemampuan   manajerial dan tanggung jawab sebagai editor, penyunting yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian
  • Rumusan Kerangka Kualifikasi  Nasional Indonesia (KKNI)
  • Deskripsi Umum

Deskripsi Umum terkait dengan Karakter dan Kepribadian Manusia Indonesia

Sesuai dengan ideologi Negara dan budaya Bangsa Indonesia, maka implementasi sistem pendidikan nasional yang dilakukan di Indonesia pada setiap level kualifikasi pada KKNI mencakup proses yang membangun karakter dan kepribadian manusia Indonesia sebagai berikut:

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Memiliki   moral,   etika   dan   kepribadian   yang   baik   di   dalam menyelesaikan tugasnya.
  3. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia.
  4. Mampu bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan dan agama serta pendapat/temuan original orang lain.
  6. Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.
  • Deskripsi Kualifikasi Level 6 Jenjang Sarjana dalam KKNI
NoUnsur Kualifikasi KerjaDeskrispi GenerikDeskripsi Spesifik
1Kemampuan KerjaMampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan atau seni pada bidangnya dalam   penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.Mampu menerapkan teori-teori pendidikan dan pembelajaran dalam penyusunan perangkat, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah/madrasah sekaligus menerapkan ilmu kebahasaan di berbagai bidang terkait berbasis tekhnologi informasi dan komunikasi.mampu memanfaatkan perkembangan  ilmu pengetahuan dan tekhnologi informasi dan komunikasi dalam menyelesaikan berbagai masalah penerapan bahasa Indonesia di sekolah/madrasah dan bidang lain yang relevan. mampu beradaptasi terhadaop situasi yang dihadapi terkait dengan dinamika sosial-budaya, ekonomi dan politik serta tantangan global dalam pelaksanaan tugas pembelajaran Bahasa Indonesia si sekolah/madrasah juga beradaptasi dalam bidang yang lain yang relevan.
2.Penguasaan PengetahuanMenguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu          secara umum  dan  konsep teoretis bagian khusus           dalam bidang  pengetahuan tersebut secara mendalam,        serta mampu memformulasikan penyelesaiasecara proceduralMenguasai teori, konsep dasar teori Bahasa Indonesia sebagai landasan dalam menganalisis dan menerapkan layanan pendidikan bagi peserta didik.Menfuasai teori-teori pembelajaran Bahasa Indonesia dan mampu memformulasikannya secara procedural dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.Menguasai dasar-dasar dan perancangan dan pengelolaan yang menguasai subtansi kajian keilmuan Bahasa Indonesia secara luas, mendalam, dan mutakhir untyuk membimbing peserta didik memenuhi standard kompetensi yang ditetapkan.
 Kemampuan ManajerialMampu mengambil keputusan   yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data  dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif          solusi secara  mandiri  dan kelompok.Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis data dalam menentukan berbagai alternative pemenuhan kebutuhan belajar bagi peserta didik prodi Tadris Bahasa Indonesia dan mengaplikasikan nilai-nilai kemanusiaan dan hak asasi manusia.Mampu memberikan petunjuk dan langka-langkah pemecahan berbagai masalah Bahasa Indonesia secara mandiri dan kolektif untuk memperoleh hasil pembelajaran yang bermutu dan maksimal dalam pembentukan perilaku keagamaan peserta didik.Mampu memetakan wacana dan fenimena kebahasaan dan kesastraan serta isu-isu kontemporer dalam Bahasa Indonesia untuk dijadikan sebagai dasar dalam pengembangan pembelajaran Bahasa Indonesia yang kreatif dan inovatif.  
4TanggungJawab ManajerialBertanggungjawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.Mampu menunjukkan kinerja dalam praktik pembelajaran Bahasa Indonesia yang dapat dipertanggungjawabkan pada para pengguna pelayanan, pemangku kepentingan, dan masyarakat dengan mengaplikasikan prinsip-prinsip dasae berfikir kritis, kemanusiaan, dan pemberdayaan kebahasaan.Bertanggungjawab dan dapat diberi tanggungkjawab dalam pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia yang efektif, produktif, bermakna dan berlandaskan nilai-nilai kemanusiaan dalam masyarakat multi bahasa baik secara mandiri maupun kemitraan.

3. Capaian Pembelajaran Program Studi

3. a. Capaian Pembelajaran Program Studi Bidang Sikap dan Tata Nilai

Deskripsi Capaian Pembelajaran Bidang Sikap dan Tata Nilai
Lulusan  Program  Studi  Tadris Bahasa Indonesia jenjang sarjana (level 6 dalam KKNI) wajib memiliki sikap dan tata nilai sebagai berikut: Bertakwa    kepada    Tuhan    Yang    Maha    Esa    dan    mampu menunjukkan sikap religiusMenjunjung  tinggi  nilai  kemanusiaan  dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etikaBerkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara,  dan  kemajuan  peradaban  berdasarkan PancasilaBerperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsaMenghargai  keanekaragaman  budaya,  pandangan,  agama,  dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lainBekerja sama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkunganTaat  hukum  dan  disiplin  dalam  kehidupan  bermasyarakat  dan bernegaraan.Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademikMenunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiriMenginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaanMemahami dirinya secara utuh sebagai Sarjana PendidikanMampu beradaptasi, bekerja sama, berkreasi, berkontribusi, dan berinovasi dalam menerapkan ilmu pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat serta memiliki wawasan global dalam perannya sebagai warga dunia, dan Memiliki integritas akademik, antara lain kemampuan memahami arti plagiarisme, jenis-jenisnya, dan upaya pencegahannya, serta konsekuensinya apabila melakukan plagiarisme.Menampilkan  diri  sebagai  pribadi  yang  stabil,  dewasa,  arif  dan berwibawa serta berkemampuan adaptasi (adaptability), fleksibiltas (flexibility), pengendalian diri, (self direction),  secara baik dan penuh inisitaif di tempat tugas.Bersikap   inklusif,   bertindak   obyektif   dan   tidak   deskriminatif berdasarkan pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga dan status sosial ekonomi. Menunjukkan etos kerja,  tanggung jawab, rasa bangga, percaya diri dan cinta menjadi pendidik bidang pendidikan agama Islam pada satuan pendidikan sekolah/madrasah (SMP/MTs/ SMA/MA/MK/MAK).Menunjukkan sikap kepemimpinan (leadership), bertanggungjawab (accountability) dan responsibilitas (responsibility)  atas pekerjaan di bidang pendidikan agama Islam secara mandiri pada satuan pendidikan sekolah/madrasah (SMP/MTs/SMA/MA/MK/MAK)Menginternalisasi semangat kemandirian/kewirausahaan dan inovasi dalam pembelajaran bidang pendidikan agama Islam pada satuan pendidikan sekolah/madrasah (SMP/MTs/SMA/MA/MK/MAK).

3. b. Capaian Pembelajaran Program Studi Bidang Pengetahuan

Deskripsi Capaian Pembelajaran Bidang Pengetahuan
Lulusan  Program  Studi  Bimbingan  dan  Konseling  Islam  jenjang sarjana  (level  6  dalam  KKNI)  wajib  memiliki  pengetahuan  sebagai berikut : Menguasai pengetahuan tentang filsafat pancasila, kewarganegaraan, wawasan kebangsaan (nasionalisme) dan globalisasiMenguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam menyampaikan gagasan ilmiah secara lisan dan tertulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja.Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja.Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam mengembangkan   pemikiran kritis, logis, kreatif, inovatif dan sistematis serta memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat individual dan kelompok dalam komunitas akademik dan non akademik.Menguasai  pengetahuan  dasar-dasar  keislaman  sebagai  agama rahmatan lil ‘alamin.Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah integrasi keilmuan (agama dan sains) sebagai paradigma keilmuan.Menguasai    langkah-langkah    mengidentifikasi    ragam    upaya wirausaha yang bercirikan inovasi dan kemandirian yang berlandaskan etika Islam, keilmuan, profesional, lokal, nasional dan global.Menguasai  secara  mendalam  karakteristik  peserta  didik  dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran.Memberikan   layanan   pembelajaran   bidang   Bimbingan   dan Konseling Pendidikan Islam yang mendidik kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknyaMemfasilitasi pengembangan potensi peserta didik secara optimal.Menguasai   landasan   filosofis,   yuridis,   historis,   sosiologis, kultural, psikologis, dan empiris dalam  penyelenggaraan pendidikan danpembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.Menguasai   konsep,   instrumentasi,   dan   praksis   psikologi pendidikan dan dan bimbingan sebagai bagian dari pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Menguasai teori belajar dan pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.Memilih secara adekuat pendekatan dan model pembelajaran, bahan  ajar,  dan  penilaian  untuk  kepentingan  pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.Menerapkan    teknologi    informasi    dan   komunikasi   dalam perencanaan pembelajaran,    penyelenggaraan   pembelajaran, evaluasi  pembelajaran  dan  pengelolaan  pembelajaran  Bahasa dan Sastra Indonesia.Memperbaiki  dan/atau  meningkatkan  kualitas  pembelajaran berdasarkan penilaian   proses   dan   penilaian   hasil  belajar Bahasa dan Sastra Indonesia.Menguasai tujuan, isi, pengalaman belajar, dan penilaian  dalam  kurikulum  satuan  pendidikan  untuk bidang Bahasa dan Sastra IndonesiaMelakukan pendalaman bidang kajian Bimbingan Konseling Pendidikan Islam sesuai dengan lingkungan dan perkembangan jamanMenguasai integrasi teknologi, pedagogi, muatan keilmuan dana/atau keahlian, serta komunikasi dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.Mengembangkan kurikulum  bdang Bimbingan Konseling Pendidikan Islam sesuai dengan bidang tugas dan mengelola kurikulum tingkat satuan pendidikan. Menguasai konsep, metode keilmuan, substansi materi, struktur, dan pola pikir keilmuan   Bahasa dan Sastra Indonesia.Menguasai teori kewirausahaan dalam pendidikan dalam kerangka pengembangan Bimbingan Konseling Pendidikan Islam yang kreatif dan inovatif.

3. c. Capaian Pembelajaran Program Studi Bidang Keterampilan

3. c. 1. Capaian Pembelajaran Program Studi Bidang Keterampilan Umum

Deskripsi Capaian Pembelajaran Bidang Keterampilan Umum
Lulusan  Program  Studi  Tadris Bahasa Indonesia  jenjang sarjana  (level  6  dalam  KKNI)  wajib  memiliki  kekerampilan  umum sebagai berikut : Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam kontek pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur.Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.Menyusun deskripsi saintifik, hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.Mampu mengambil keputusan secara tepat, dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data.Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok melakukan   supervise   dan   evaluasi   terhadap   penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamanahkan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan mencegah plagiasi. Menunjukkan    kemampuan    literasi    informasi,    media    dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan keilmuan dan kemampuan kerja.Mampu   berkomunikasi   baik   lisan   maupun   tulisan   dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja.Mampu  berkolaborasi  dalam  team,  menunjukkan  kemampuan kreatif (creativity skill), inovatif (innovation skill), berpikir kritis (critical thinking) dan pemecahan masalah (problem solving skill) dalam pengembangan keilmuan dan pelaksanaan tugas di dunia kerja.Mampu membaca al-Qur’an berdasarkan ilmu qira’at dan ilmu tajwid.Mampu menghafal dan memahami al-Qur’an juz 30 (Juz Amma)Mampu melaksanakan ibadah dan memimpin ritual keagamaan dengan baik.  

3. c. 2. Capaian Pembelajaran Program Studi Bidang Keterampilan Khusus

Deskripsi Capaian Pembelajaran Bidang Keterampilan Khusus
Lulusan  Program Studi  Tadris Bahasa Indonesia jenjang sarjana  (level  6  dalam  KKNI)  wajib  memiliki  kekerampilan  khusus sebagai berikut : Mampu berbahasa dan bersastra Indonesia, secara lisan dan tulisan dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan serta mampu menggunakan salah satu bahasa daerah.Mampu mengapresiasi, mengekspresi, mengkreasi karya sastra Indonesia secara lisan dan tulisan.Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan, dalam pembelajaran Bahasa Indonesia serta menghasilkan desainpembelajaran yang mendidik, kreatif, dan inovatif untuk pembelajaran Bahasa Indonesia.Mampu merencanakan dan melakukan kajian terhadap imlpementasi pendidikan Bahasa Indonesia melalui pendekatan secara terintegrasi.Mampu mebnghasilkan layanan jasa dan produk kreatif dalam bidang Bahasa Indonesia, serta pembelajarannya.Mampu mengembangkan kurikulum mata pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah/madrasah sesuai dengan prosedur dan prinsip-prinsip dalam pengembangan kurikulum.Mampu memanfaatkan tekhnologi informasi dan komunikasi secara efektif dan berdaya guna untuk pembelajaran bahasa Indonesia si sekolah/madrasah dan instansi lain.Mampu menmasilitasi pengembangan potensi kebahasaan peserta didik untuk mengaktualisasikan kemampuan dan keterampilan berbahasa Indonesia dalam kehidupan nyata di sekolah. Madrasah dan di masyarakat.Mampu melaksanakan penilaian dan evalusi proses dan hasil pembelajaran Bahasa Indonesia secara tepat, serta mampu memanfaatkannya untuk keperluan pembelajaran.Mampu melakukan tindakan reflektif melalui prosedur penelitian ilmiah untuk peningkatan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia.Mampu mengembangkan keilmuan dan keprofesian berkelanjutan secara mandiri dan kolektif dalam kerangka mewujudkan diri sebagai pendidik sejati yang pembelajar.

VISI, MISI, TUJUAN DAN STRATEGI PENCAPAIAN

PRODI TADRSI BAHASA INDONESIA

  1. Visi, Misi, Tujuan dan Strategi Pencapaian
  2. Visi

Menjadi program studi unggul tingkat Asia Tenggara dalam menghasilkan sarjana pendidikan bahasa Indonesia berlandaskan potensi lokal dan pengembangan pendidikan Islam terpadu berbasis transdisipliner untuk menciptakan masyarakat pembelajar yang mandiri tahun 2035.

  • Misi
  • Melaksanakan pendidikan dan pembelajaran Islam terpadu untuk menghasilkan lulusan yang unggul berbasis transdisipliner.
  • Melaksanakan penelitian kependidikan dan keilmuan bahasa Indonesia berbasis potensi lokal dan transdisipliner dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Menyelenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam bidang pendidikan bahasa Indonesia berbasis transdisipliner untuk mewujudkan masyarakat pembelajar yang mandiri.
  • Membina hubungan kerjasama yang baik dalam negeri maupun luar negeri untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas tridarma perguruan tinggi dalam rangka mewujudkan universitas kelas dunia.

3. Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi keilmuan dalam bidang utama Tadris Bahasa Indonesia berbasis transdisipliner.
  2. Menghasilkan Sarjana Tadris Bahasa Indonesia yang mampu mengelola pembelajaran bahasa Indonesia secara professional berbasis transdisipliner.
  3. Menghasilkan sarjana Tadris Bahasa Indonesia yang mampu memberikan layanan prima pembelajaran bahasa Indonesia berbasis transdisipliner.
  4. Menghasilkan sarjana Tadris Bahasa Indonesia yang mampu melakukan perancangan dan pengembangan pembelajaran bahasa Indonesia serta mengantisipasi perkembangan bahasa Indonesia dan era teknologi informasi dalam masyarakat berbasis transdisipliner.

4. Strategi Pencapaian

Untuk mencapai visi, misi dan tujuan sebagaimana dikemukakan pada sasaran pencapaian Visi dan Misi prodi Tadris Bahasa Indonesia dilakukan dengan cara melakukan komunikasi dua arah dengan mahasiswa, para dosen dan pegawai dalam mensosialisasi Visi-Misi tersebut. Seterusnya memberi pemahaman yang terus menerus, bahwa mahasiswa prodi Tadris Bahasa Indonesia adalah bagian dari pengembangan sains dan budaya Islam yang harus saling bekerjasama semua komponen civitas akademika untuk meningkatkan mutu.

Selain itu, program studi juga melakukan program perbaikan di bidang pembelajaran di kelas, penelitian, dan kegiatan Ilmiah lainnya untuk meningkatkan kualitas dosen, staf, pegawai dan mahasiswa. Peningkatan mutu mahasiswa selain diupayakan melalui kegiatan akademik, juga dilakukan melalui berbagai kegiatan ekstrakurikuler, pengembangan minat, bakat dan kompetensi sains. Adapun rincian strategi pencapaian yang dilaksanakan yaitu:

  1. Mengembangkan manajemen program studi Tadris Bahasa Indonesia yang berbasis pada peningkatan keunggulan mutu lulusan.
  2. Mengembangkan kurikulum program studi Tadris Bahasa Indonesia yang berfokus pada pencapaian kompetensi utama guru bahasa Indonesia profesional.
  3. Mendayagunakan sumber daya tenaga dosen yang profesional dalam bidang Tadris Bahasa Indonesia untuk menghasilkan lulusan unggul, terpercaya danterkemuka di dunia pengelolaan bahasa Indonesia.
  4. Mengembangkan jaringan kerjasama (networking) antar lembaga perguruan tinggi pengembang Tadris Bahasa Indonesia yang dapat menghasilkan nilai tambah mempercepat kemajuan prodi Tadris Bahasa Indonesia.

STRUKTUR MATA KULIAH

BERBASIS WAHDATUL ULUM DAN MERDEKA BELAJAR

PROGRAM STUDI TADRIS BAHASA INDONESIA

Semester  I

NoKode Mata KuliahMata KuliahSKS
1010314001Pancasila2
2010314003Al-Quran2
3010314004Hadis2
4010314005Ilmu Tauhid2
5010314006Wahdatul Ulum2
6010310002Ilmu Pendidikan Islam2
7010314101Pengantar Linguistik Umum2
8010314102Pengantar Ilmu Sastra2
9010314103Fonologi2
10010314104Sastra Tradisi  Islam Sumatera Utara2
 Jumlah20

            Semester II

NoKode Mata KuliahMata KuliahSKS
1010314002Kewarganegaraan2
2010314008Fikih/ Ushul Fikih2
3010314009Etika Akademik2
4010314010Filsafat Ilmu2
5010314013Bahasa  Indonesia2
6010310010Kewirausahaan2
7010310007Psikologi Pendidikan2
8010310008Manajemen Organisasi Pendidikan2
9010314105Morfologi2
10010314106Apresiasi Sastra2
 Jumlah20

Semester III

NoKode Mata KuliahMata KuliahSKS
1010314007Sejarah Peradaban Islam2
2010314011Bahasa  Arab2
3010314012Bahasa Inggris2
4010310001Sejarah Pendidikan Islam2
5010310003Filsafat Pendidikan Islam2
6010310005Sosiologi  Pendidikan2
7010310068Bimbingan Konseling Islam2
8010314107Sintaksis2
9010310004Administrasi Pendidikan2
10010314108Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra2
 Jumlah20

Semester IV

NoKode Mata KuliahMata KuliahSKS
1010310009Profesi Keguruan/ Pendidikan2
2010314111Inovasi Pendidikan (Pilihan)*2
 010314112Kepemimpinan Pendidikan Islam (Pilihan)* 
3010314109Semantik2
4010314110Teori Belajar Bahasa2
5010314111Sosiologi Sastra2
6010314112Sosiolinguistik2
7010314113Manajemen Rumah Baca**2
 010314114Manajemen Seni Pertunjukan**
8010314115Filsafat Bahasa2
9010314116Keterampilan Berbahasa2
10010314117Penyuntingan Bahasa2
 Jumlah20

            Catatan: Mata kuliah Pilihan Fakultas (*) wajib diambil 2 SKS

                           Mata kuliah pilihan Prodi (**) wajib diambil 2 SKS

Semester V

NoKode Mata KuliahMata KuliahSKS
1010314118Perencanaan Pembelajaran Bahasa2
2010314119Strategi Pembelajaran Bahasa2
3010314120Metode Penelitian Kuantitatif2
4010314121Kritik Sastra2
5010314122Magang I (Observasi Pembelajaran Bahasa)2
6010314123Menulis Kreatif4
7010314124Pragmatik2
8010314125Leksikologi2
9010314126Dialektologi2
 Jumlah20

            Semester VI

NoKode Mata KuliahMata KuliahSKS
1010314127Metode Penelitian Kualitatif2
2010314128Apresiasi  Drama2
3010314129Evaluasi Pembelajaran2
4010314130Menulis Naskah Sastra2
5010314131Magang II (Praktik Micro Teaching)2
6010314132Keterampilan Berpantun**2
 010314133Keterampilan Dendang Syair**
7010314134Digitalisasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra4
8010314135Telaah Kurikulum4
 Jumlah20

            Catatan:  Mata kuliah pilihan Prodi (**) wajib diambil 2 SKS

            Semester VII

NoKode Mata KuliahMata KuliahSKS
1010314136BIPA2
2010314137Magang III (Praktik Mengajar Bahasa di Sekolah)4
3010314138Seminar2
4010314139Keterampilan Berpidato**2
5010314140Keterampilan Berkisah** 
6010314141Menulis Karya Ilmiah dan Sastra4
7010314142Analisis Wacana2
8010314143Kepewaraan**2
9010314144Pertunjukan Sastra**
 Jumlah18

            Catatan:  Mata kuliah pilihan Prodi (**) wajib diambil 2 SKS

Semester VIII

NoKode Mata KuliahMata KuliahSKS
1010314145KKN4
2010314146TUGAS AKHIR (SKRIPSI/JURNAL TERAKREDITASI NASIONAL)6
 Jumlah10

Rekapitulasi

 MATA KULIAHIIIIIIIVVVIVIIVIIJUMLAH
Universitas101060000026
Fakultas26102000020
Program Studi844142018141092
Pilihan0004024010
Total SKS148

Catatan:

Kode Mata Kuliah warna Hijau          = Mata Kuliah Universitas

Kode Mata Kuliah warna Merah        = Mata Kuliah Fakultas

Kode Mata Kuliah warna Kuning      = Mata Kuliah Program Studi