Pelaksanaan Kegiatan Rutin Cili Mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia Kelompok II

Literasi merupakan sebuah kombinasi dari mendengarkan, berbicara, menulis, membaca dan berpikir kritis. Literasi ini merupakan bagian dari interaksi berbagai bidang kehidupan. Membangun generasi melek huruf tentu tidak mudah. Semakin banyak masyarakat atau generasi kita yang mencintai budaya literasi, maka akan semakin menjamin pendidikan alam yang indah di negeri ini. Oleh karena itu kami para pelajar Tadris Indonesia terus melakukan gerakan literasi untuk meningkatkan minat pelajar untuk terus mengenalkan budaya membaca dimanapun dan kapanpun. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membangun budaya literasi, antara lain pertama dengan mendekatkan diri dengan lingkungan sekitar. Hal tersebut juga kami lakukan dengan mengunjungi tempat-tempat di sekitar rumah, di Jln. Kemenangan no. 34, Medan Tembung, Sumatera Utara.

Setelah itu anak-anak tersebut dapat membentuk kelompok kemudian membaca buku yang diminatinya. Kemudian transfer hasil bacaannya. Tersedianya buku pelajaran yang cukup di perpustakaan sekolah, namun sebagian besar siswa malas mengunjungi perpustakaan, hal ini mungkin disebabkan karena letaknya yang cukup jauh dan minat siswa yang kurang. Oleh karena itu, kami mahasiswa UINSU langsung melaksanakan gerakan literasi dan terjun sendiri mencari orang-orang yang berminat membaca buku dan mempererat tali silaturahmi. Ada beberapa adik-adik SD yang ingin membaca buku bersama dan kebetulan saat kami berkunjung, anak-anak SD sudah pulang dari sekolahnya. Diantara siswa tersebut bernama, Adiba, Ariqa, Afan, Cindi, Deza, Dimas, Farah, Jihan, Hasyim, Inara, Nauli, Naura, dan Rizki. Buku bacaan yang kami sediakan dan baca sesuai dengan usia dan jenjang sekolahnya yaitu Cerita Rakyat Nusantara (Keong Mas, Bawang Merah Bawang Putih, Sang Kancil), Kamus Ideal, Cerita Membuat Kue, Lagu Wajib, Juz-amma dan banyak judul buku cerita lainnya.

Kegiatan Cili ini secara rutin dilakukan oleh Mahasiswa/Mahasiswi Tadris Bahasa Indonesia Semester I dan III Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Tahun Ajaran 2023 dan seterusnya. Adapun Kegiatan ini kami lakukan agar anak-anak Indonesia dapat memperluas wawasan pengetahuannya dan semakin giat lagi dalam membaca dan menulis lalu juga ingin menjadikan anak-anak indonesia untuk menciptakan hobi baru yaitu menyukai membaca dan juga menulis untuk hal-hal baru sehingga dapat menciptakan generasi yang berkualitas dan juga maju