Sosialisasi Bimbingan Artikel Jurnal dan Skripsi Mahasiswa Prodi Tadris Bahasa Indonesia Stambuk 2020

Untuk memenuhi kebutuhan informasi mahasiswa Prodi Padris Bahasa Indonesia semester VII terkait penulisan tugas akhir, maka diadakan sosialiasi bimbingan mengenai artikel jurnal dan skripsi. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Ketua dan Sekretaris Prodi Tadris Bahasa Indonesia, yaitu Rina Devianty, S.S., M.Pd. dan Dr. Riris Nurkholidah Rambe,M.Pd. Kegiatan ini dilaksanakan pada Jumat,18 Agustus 2023 pukul 14.00 s.d. 15.00WIB bertempat di ruang rapat FITK lantai II, Adapun hal-hal yang dibahas dalam kegiatan ini, antara lain pengajuan judul yang dilakukan mahasiswa dan disetujui oleh prodi serta proses pengerjaan proposal serta alur bimbingan dengan dosen PS 1 dan PS 2.

Tahapan selanjutnya yakni pada saat mengajukan sempro maka telah memenuhi syarat dan disetujui oleh prodi.dan pengeluaran surat keterangan  pembimbing skripsi dari setiap mahasiswa. Apabila mahasiswa ingin bimbingan, mahasiswa tersebut harus menjumpai pembimbingng I terlebih dahulu. Jika dosen pembimbing I sudah menyetujuinya, mahasiswa harus menunjukkannya kembali kepada dosen pembimbing II.

Dalam kegatan sosialisasi tersebut, dijelaskan juga tahap-tahap yang harus dilalui sesorang mahasiswa, yakni pertama, sempro (seminar proposal), kedua, kompri, dan ketiga munaqasyah. Sempro merupakan tahapan seminar yang membahas dari bab 1 sampai dengan bab 3. Kemudian pada sidang kompri, yaitu melakukan ujian yang diselenggarakan oleh prodi. Adapun materi pada ujian kompri terbagi menjadi beberapa yaitu: agama 1, agama 2, pendidikan 1, pendidikan 2. Selanjutnya setelah tahap seminar proposal dan ujian kompri, maka mahasiswa dapat melanjutkan ujian akhir yaitu munaqasyah. Ujian tersebut adalah ujian penentu mahasiswa dinyatakan lulus atau tidak. Adapun pada tahapan ini mahasiswa menyajikan hasil keseluruhan penelitian yang telah disusun menjadi 5 bab. Jika mahasiswa dapat mempertanggungjawabkan hasil penelitiannya, maka mahasiswa dinyatakan lulus.  Pada akhir kegiatan, baik Kaprodi maupun sekprodi mengingatkan para mahasiswa tersebut agar lebih fokus dan serius dalam mempersiapkan tugas akhirnya agar mereka dapat tamat dan segera diwisuda tepat waktu.