PELAKSANAAN KEGIATAN CILI (CINTA LITERASI) OLEH MAHASISWA TADRIS BAHASA INDONESIA

Literasi merupakan integrasi keterampilan menyimak, berbicara, menulis, membaca, dan berpikir kritis. Literasi merupakan bagian interaksi dari berbagai aspek kehidupan. Membangun generasi yang cinta akan literasi, tentunya tidak mudah. Semakin banyak orang atau generasi kita yang mencintai budaya literasi, maka akan semakin menjamin pendidikan yang sangat berkarakter di negeri ini. Oleh sebab itu kami Mahasiswa /Mahasiswi Tadris Bahasa Indonesia terus melakukan gerakan literasi demi membangun minat para siswa untuk terus tetap melaksanakan budaya membaca dimana pun dan kapan pun. Ada banyak cara yang dapat dilakukan dalam membangun budaya literasi diantaranya yaitu Pertama, dengan mendekatkan diri akan lingkungan sekitar. Sama halnya dengan yang kami lakukan ini dengan mengunjungi tempat sekitar rumah seperti pada tanggal 5 Oktober  2023 di Taman Bermain yang terletak di Jl. Vetpur II, Medan Estate, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang.

Kedua, siswa/siswi dapat membentuk kelompok kemudian membaca buku apa saja yang diminati. Lalu menyampaikan hasil bacaannya tersebut. Ketiga, mencukupi ketersediaan buku bacaan di perpustakaan sekolah. Akan tetapi kebanyakan para siswa itu malas untuk pergi ke perpustakan, bisa jadi karena tempatnya lumayan jauh dan memang minat peserta didiklah yang kurang. Oleh sebab itu kami Mahasiswa UINSU mulai melakukan gerakan Literasi secara langsung dan terjun sendiri mencari peminat membaca buku sekaligus menambah relasi pertemanan.

Di Taman Bermain ini ada beberapa adik-adik yang mau menyempatkan waktunya untuk membaca buku bersama kami. Masing-masing adik-adik tersebut, diantaranya yaitu Albara, Arinal, Ariq, Daffa, Dzikri, Fadil, Fahmi, Faiz, Raihan. Adapun buku bacaan yang kami berikan dan mereka baca sesuai dengan usia dan tingkatan sekolah mereka yaitu Legenda Malin Kundang, Cerita Rakyat Nusantara (Keong Mas, Si Pahit Lidah, dan lainnya). Buku Bahasa Sastra Indonesia, Buku Gemar Membaca, Buku dongeng Anak Muslim, kisah 25 Nabi dan masih banyak lagi.

Kegiatan Cili ini secara rutin dilakukan oleh Mahasiswa/Mahasiswi Tadris Bahasa Indonesia Semester I dan III Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Tahun Ajaran 2023 dan seterusnya. Adapun Kegiatan ini kami lakukan agar adik-adik dapat memperluas wawasan pengetahuannya dan semakin giat lagi dalam membaca dan menulis dimana pun dan kapan pun