Sosialisasi Pelaksanaan Pengabdian Masyarakat (Pema) Nasional dan Internasional

Medan, 01 Maret 2024

Pada hari Jumat, 1 Maret 2024 Program Studi Tadris Bahasa Indonesia melaksanakan sosialisasi. Sosialisasi pelaksanaan PEMA Nasional dan internasional disampaikan oleh Dr. Riris Nurkholidah Rambe, M.Pd.  selaku sekretaris prodi Tadris Bahasa Indonesia, di mana pembahasannya tentang akan dilaksanakannya kegiatan pengabdian masyarakat Internasional (diluar negeri) tepat pada Negara Thailand, Filipina dan Malaysia.

Prodi Tadris Bahasa Indonesia memilih kegiatan tersebut pada Kuala lumpur (Malaysia), kegiatan ini akan dilaksanakan pada bulan Mei mendatang selama lima hari, dan dihimbaukan kepada mahasiswa-mahasiswi Tadris Bahasa Indonesia semester empat agar mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat tersebut. Namun, sekretaris prodi tersebut mengatakan bahwa kegiatan ini tidak diwajibkan harus mengikutinya, karena mungkin terkendala biaya dan izin orang tua atapun keluarga.

Kegiatan ini merupakan peluang besar bagi mahasiswa-mahasiswi karena selain mendapatkan pengetahuan, pengalaman, dan sertifikat Internasional, mahasiswa juga tidak dianjurkan lagi untuk mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat di daerah (Nasional). Untuk biaya sendiri, sekretaris prodi mengatakan bahwa kegiatan ini menggunakan biaya sendiri seperti ongkos, pasfor dan uang jajan. Hanya saja selama disana, selama pengabdian, tempat tinggal dan makan sudah ditanggung pihak tersebut. Beliau juga mengatakan untuk rincian ongkos pesawat berkisar 1,5 juta untuk pergi dan pulang, selain dari paspor dan uang jajan (uang saku).