Upgrading dan Rapat Kerja Himpunan Mahasiswa Jurusan Tadris Bahasa Indonesia Periode 2023-2024

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) adalah organisasi mahasiswa yang ditingkat jurusan atau prodi di suatu perguruan tinggi. Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) merupakan organisasi intra kampus yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam berorganisasi, membuat mahasiswa lebih beradaptasi dan lebih cepat akrab dengan lingkungan jurusan. Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) juga sebagai wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan minat dan bakat mahasiswa jurusan. Pada hari Jumat, 1 Maret 2024 Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Tadris Bahasa Indonesia melaksanakan Upgrading dan Rapat Kerja yang dihadiri oleh Ibu Maya Siti Sakdah, M.Pd. sebagai perwakilan dari Kapordi dan Sekprodi Tadris Bahasa Indonesia, Bapak Rahmat Husein Rambe, S.H. sebagai pemateri, dan seluruh anggota Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Tadris Bahasa Indonesia

Acara Upgrading dan Rapat Kerja yang dilaksanakan di Gedung Tarbiyah ini memiliki tema “Meningkatkan Pemahaman dalam Berorganisasi Menuju Kompetensi Himpunan Mahasiswa Jurusan yang Solid dan Berkualitas”. Dilaksanakan pukul 10.00 WIB yang dibuka oleh moderator, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Quran. Setelah pembacaan ayat suci Al-Quran dilanjutkan dengan kata sambutan dari ketua panitia, kemudian kata sambutan dari ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Tadris Bahasa Indonesia. Setelah kata sambutan, acara dilanjutkan penyampaian materi oleh Bapak Rachmat Husein Rambe, S.H. Dari penjelasan materi yang disampaikan oleh Bapak Rachmat Husein Rambe, S.H., beliau menyatakan bahwa untuk menciptakan organisasi yang solit dan berkualitas harus memiliki beberapa hal, diantaranya harus memiliki sumber daya manusia yang memiliki kemauan terutama kemauan untuk dapat sama-sama menjalankan visi misi dan mencapai tujuan organisasi. Kemudian, untuk dapat menjadi organisasi yang baik harus memiliki komunikasi yang baik. Seluruh anggota Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Tadris Bahasa Indonesia harus dapat saling memahami sesama anggota organisasi karena jika tidak dapat membangun komunikasi yang baik tujuan organisasi tidak akan dapat tercapai. Kemudian setiap instansi organisasi juga harus dapat memahami tugas serta fungsi di setiap bidang.

Bapak Rachmat Husein Rambe, S.H. juga mengatakan bahwa seluruh anggota Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Tadris Bahasa Indonesia harus dapat menyatukan kekuatan dan membangun kerjasama yang baik untuk menjalankan amanah yang telah diberikan. Harus sama-sama menjalankan organisasi agar organisasi dapat berjalan dengan baik. Beliau juga menyatakan bahwa organisasi dapat menjadi tempat untuk melatih jiwa dan sikap kepemimpinan, juga dapat melatih diri dalam menyelesaikan masalah.

Setelah penyampaian materi oleh Bapak Rachmat Husein Rambe, S.H. acara dilanjutkan dengan penyerahan sertifkat kepada pemateri dilanjutkan dengan doa bersama dan foto bersama. Kemudian acara dilanjutkan oleh penyampaian program kerja oleh setiap bidang yang terdapat di Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Tadris Bahasa Indonesia dan ditanggapi oleh Ibu Maya Siti Sakdah, M.Pd.

Pada dasarnya, diadakannya Upgrading dan Rapat Kerja pada Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Tadris Bahasa Indonesia untuk meningkatkan kualitas fungsionaris dalam HMJ, memperbaiki kualitas fungsionaris menjadi lebih profesional agar HMJ berkualitas dengan sumber daya manusia yang unggul. Kemudian untuk mempertegas pemahaman fungsionaris terhadap tugas pokok dan fungsi dalam HMJ, membahas dan menyusun strategi untuk mengembangkan organisasi. Semoga dengan adanya Upgrading dan Rapat Kerja ini Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Tadris Bahasa Indonesia dapat menjadi organisasi intra kampus yang solit dan berkualitas serta dapat mencapai tujuan dan mewujudkan visi misi-nya