Pelatihan Penggunaan Aplikasi SPSS Untuk Mahasiswa Semester Akhir Prodi Tadris Bahasa Indonesia

Prodi Tadris Bahasa Indonesia kembali memberikan pelayanan bagi mahasiswa tadris Bahasa Indonesia khususnya mahasiswa semester akhir. kegiatan ini diselenggarakan atas kebijakan Kaprodi beserta Sekprodi Tadris Bahasa Indonesia, yaitu Rina Devianty, S.S., M.Pd dan Dr. Riris Nurkholidah Rambe, M.Pd. Adapun tenaga praktisi dalam pelatihan tersebut ialah Maya Siti Sakdah, M.Pd. yang merupakan staf pada prodi Tadris Bahasa Indonesia.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu, 17 Januari 2024 di ruangan prodi Tadris Bahasa Indonesia. Adapun tujuan terlaksananya kegiatan ini adalah sebagai penguatan mahasiswa terkait pemahaman tentang penelitian kuantitatif agar memudahkan penyelesaian tugas akhir dengan harapan dapat terselesaikan tepat waktu. Materi yang paparkan mulai dari cara menguji Validitas dan Reliabilitas sebuah instrument, kemudian dilanjutkan dengan uji prasyarat yaitu uji Normalitas dan Homogenitas. Serta terakhir uji sampel T-test guna untuk melihat pengaruh sebuah tindakan yang dilakukan.

Dengan terselenggaranya pelatihan pengaplikasian aplikasi SPSS dalam membantu pengelolaan data penelitian tugas skripsi, diharapkan mahasiswa sudah dapat memahami apa yang harus mereka kerjakan untuk data yang diperoleh pada penelitian tersebut.

Sebagai penutup kegiatan, Kaprodi berpesan kepada mahasiswa semester akhir agar tetap semangat dalam menyelesaikan skripsi, serta jangan lagi bermalas-malasan untuk bimbingan kepada pembimbing skripsi ataupun pembimbing artikel. Dengan harapan, agar seluruh mahasiswa angkatan 2023 dapat lulus tepat waktu.