PELANTIKAN HMJ TADRIS BAHASA INDONESIA DAN PELAKSANAAN WORKSHOP “PERAN UKBI DALAM INOVASI PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA”

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Tadris Bahasa Indonesia FITK UIN Sumatera Utara Medan melaksanakan kegiatan workshop dan pelantikan HMJ Tadris Bahasa Indonesia periode 2023/2024 pada Selasa, 17 Oktober 2023. Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Dekan III Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Dr. Muhammad Rifa’i, M.Pd. Turut berhadir pada kegiatan workshop tersebut Ketua Prodi Tadris Bahasa Indonesia Rina Devianty, S.S., M.Pd. dan Maya Siti Sakdah, M.Pd. selaku pengelola Jurnal EUNOIA, jurnal Prodi Tadris Bahasa Indonesia. Adapun tema dalam kegiatan ini yakni “Peran UKBI dalam Inovasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia”. Untuk pengurus HMJ periode 2023/2024 adalah Meutia Khairani Harahap sebagai ketua, Yustika Sari sebagai sekretaris, dan Fatimah Azzahra Dalimunthe sebagai bendahara.

Setelah acara pelantikan HMJ, acara dilanjutkan dengan kegiatan workshop. Pelaksanaan acara workshop terbagi menjadi dua sesi. Pada sesi pertama dimulai pukul 08.00 WIB sampai 11.30 WIB. Peserta acara workshop sesi pertama diikuti oleh mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia Stambuk 2020 dan Stambuk 2021. Acara dimulai dengan pembukaan oleh pewara yang akan memandu acara, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan pembacaan doa. Kemudian seluruh peserta menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh dirigen. Setelah itu dilaksanakannya pelantikan HMJ Tadris Bahasa Indonesia Periode 2023/2024 yang dilantik oleh Wakil Dekan III Dr. Muhammad Rifa’i, M.Pd. Kegiatan workshop dan pelantikan HMJ Tadris Bahasa Indonesia ini diselingi dengan penampilan musikalisasi puisi oleh Mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia, Amilia Sanggar Wati dan Vina Octavia.

Pada sesi pertama acara workshop menghadirkan narasumber Imran, S.S., M.Hum. dari Balai Bahasa Sumatera Utara. Acara workshop dipandu oleh moderator Liza Handayani Batu Bara. Dalam workshop ini narasumber Imran, S.S., M. Hum. memaparkan mengenai “Sosialisasi UKBI Adaptif Merdeka” yang memiliki peran penting dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, khususnya bagi mahasiwa Tadris Bahasa Indonesia. Beliau menjelaskan bahwa UKBI terdiri dari lima sesi, yaitu sesi mendengarkan, sesi merespons kaidah, sesi membaca, sesi menulis dan sesi berbicara yang dipadu ke dalam tiga paket. Narasumber tersebut, Imran, S.S., M.Pd. memberikan soal latihan UKBI kepada peserta kegiatan. Beliau juga memaparkan cara untuk mendaftar UKBI secara daring. Acara workshop sesi pertama ditutup dengan beberapa pertanyaan yang diajukan oleh peserta kegiatan dan langsung dijawab oleh narasumber tersebut.

Sesi kedua dimulai pukul 13.30 WIB sampai 15.30 WIB. Peserta workshop sesi kedua dihadirkan oleh M=mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia Stambuk 2022 dan Stambuk 2023. Pada sesi kedua menghadirkan narasumber Achmad Yudi, S.Pd., M.Pd. dari Universitas Negeri Medan Fakultas Bahasa dan Seni. Pada awal acara moderator mengenalkan pemateri kepada audiens. Selanjutnya penyampaian pemateri mengenai “Peran UKBI dalam Inovasi Pembelajaran dan Sastra”. Pada sesi ini pemateri lebih menekankan tentang inovasi pembelajaran dan sastra karena untuk peran UKBI telah dijelaskan oleh pemateri sebelumnya. Pemateri menjelaskan mengenai inovasi pembelajaran yang berkenaan dengan PKM (Program Kreatifitas Mahasiswa) yang dapat meningkatkan keterampilan mahasiswa khususnya di bidang penelitian.

Pada sesi diskusi, peserta workshop menanyakan hal yang tidak diketahui sesuai tema pemateri kemudian pertanyaan tersebut ditanggapi pemateri. Dalam kegiatan tersebut, pemateri juga memberikan pelatihan berupa dasar-dasar dalam penelitian, yaitu judul yang dapat dijadikan agar mahasiswa yang mengikuti workshop ini dapat melakukan penelitian PKM. Selanjutnya, beberapa mahasiswa diberikan kesempatan untuk membacakan judul rancangan penelitian PKM dan menanyakan argumentasi atau alasan memilih judul tersebut.Pada sesi ini pemateri memberikan hadiah berupa buku kepada mahasiswa yang telah menjelaskan judul beserta argumentasinya.