PENGENALAN BUDAYA AKADEMIK DAN KEMAHASISWAAN PRODI TADRIS BAHASA INDONESIA TAHUN AKADEMIK 2023/2024

 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan melaksanakan kegiatan Pengenalan Budaya Akademik Kemahasiswaan (PBAK) bagi mahasiswa baru TA 2023/2024. Adapun tujuan dilksanakan kegiatan PBAK ini, yaitu untuk memperkenalkan budaya akademik kampus, memperkenalkan lingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) yang akan menjadi tempat para mahasiswa baru menimba ilmu, serta ajang mempersembahkan motivasi kepada mahasiswa baru.

Kegiatan PBAK ini berlangsung selama dua hari, yakni 29 s.d. 30 Agustus 2023. Kegiatan PBAK pada hari pertama dilaksanakan di Kampus IV, Tuntungan. Pada hari kedua, mahasiswaa baru melaksanakan PBAK di fakultas masing-masing. Dekan FITK UIN Sumatera Utara, Prof. Dr. Tien Rafida, M.Hum, dalam sambutannya menyampaikan bahwa mahasiswa FITK harus memiliki karakter yang smart dan kreatif. Para mahasiswa diberi pengarahan tentang pentingnya mengembangkan karakter dan moral yang baik. Mereka diajak untuk menjadi bagian dari gerakan Indonesia Emas 2045 melalui kontribusi positif dalam pembangunan bangsa. Dengan mengintegrasikan nilai-nilai kebangsaan dan moderasi beragama, FITK UINSU Medan berharap para mahasiswa baru ini akan tumbuh sebagai generasi yang berakhlak mulia dan berpikiran terbuka, siap menghadapi tantangan masa depan dengan penuh optimisme dan dedikasi.

Pada kesempatan ini, para mahasiswa diperkenalkan dengan seluruh pimpinan FITK, termasuk pengelola prodi, yakni Kaprodi dan Sesprodi.

Setelah acara pengenalan bersama fakultas, kegiatan PBAK dilanjutkan dengan prodi masing-masing. Untuk Prodi Tadris Bahasa Indonesia, kegiatan PBAK dilaksanakan di Gedung SBN FITK. Pada kegiatan ini, para mahasiswa baru Prodi Tadris Bahasa Indonesia yang berjumlah 87 orang mendapat pengarahan dan penjelasan terkait suasana akademik dalam perkuliahan, Selain itu juga disosialisasikan tentang bagaimana cara pengisian KRS, penggunaan portalsia. si selma, e-learning, dan lain-lain.

Mereka juga dikenalkan dengan pengurus HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) Prodi Tadris Bahasa Indonesia serta beberapa kegiatan yang ada di prodi, seperti kelompok belajar Kumara (kumpulan mahasiswa aktif dan rajin), Kelompok Cili (cinta literasi), dan sanggar seni Horizon.