BENCMARKING KE UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA DAN UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Benchmarking dalam dunia pendidikan merupakan aktivitas suatu lembaga pendidikan mengadakan evaluasi diri secara kontiniu dengan membandingkan dirinya dengan institusi lain yang terbaik sehingga lembaga tersebut dapat mengidentifikasi dan mengadopsi serta mengaplikasikan praktik-praktik yang lebih baik. Prodi Tadris Bahasa Indonesia yang merupakan prodi termuda di FITK UIN Sumatera Utara Medan tidak ketinggalan juga berupaya menambah wawasan dengan mengadopsi aktivitas yang dianggap positif dari beberapa perguruan tinggi lain melalui pelaksanaan benchmarking. Adapun kegiatan benchmarking ini dilaksanakan pada 24-26 Agustus 2023 dengan mengunjungi kampus Universitas Pendidikan Indonesia Bandung dan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Kegiatan benchmarking ini selain diikuti oleh Kaprodi Tadris Bahasa Indonesia, Rina Devianty, S.S., M.Pd. juga diikuti oleh para kaprodi lainnya serta didampingi oleh Dekan FITK UIN Sumatera Utara Medan, Prof. Dr. Tien Rafida, M.Hum.

Pada hari berikutnya, tepatnya pada 25 Agustus 2023, kegiatan benchmarking dilaksanakan ke kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Acara dimulai dengan pembukaan bersama pimpinan Fakultas Ilmu Pendidikan UPI Bandung (Dekan, Wakil Dekan, Kaprodi, dan beberapa dosen) dengan Dekan beserta para Kaprodi. FITK UIN Sumatera Utara Medan. Setelah acara pembukaan, dilanjutkan dengan diskusi bersama kaprodi, sesprodi, dan dosen prodi Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra (FPBS) UPI Bandung. Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia berada di bawah naungan Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra. Kampus ini terletak di Jalan Setiabudhi no. 229, Ishola, Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat. Adapun prodi yang ada di FPBS UPI Bandung, yakni Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S-1, S-2, dan S-3), Pendidikan Bahasa Inggris (S-1 dan S-2), Pendidikan Bahasa Arab (S-1 dan S-2), Pendidikan Bahasa Jepang, Pendidikan Bahasa Perancis, Pendidikan Bahasa Korea, Pendidikan Bahasa Sunda (S-1 dan S-2). Akreditasi Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia, baik S-1, S-1, maupun S-3 terakreditasi A. Dalam kegiatan benchmarking dibahas juga rencana kerja sama penelitian dosen, PKM, dosen tamu, dan kegiatan akademik lainnya. Beberapa fasilitas yang terdapat di FPBS, di antaranya lab. bahasa, anjungan literasi, ruang akses internet, gerai atm, dll.

Kunjungan pada hari berikutnya ke UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Setelah acara pembukaan oleh Dekan FITK UIN Sunan Gunung Djati Bandung, acara dilanjutkan berdiskusi dengan kaprodi masing-masing. Prodi Tadris Bahasa Indonesia FTK UIN Sunan Gunung Djati Bandung merupakan prodi baru dan belum terakreditasi.

Saat ini mahasiswanya paling tinggi berada di semester V. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung terdiri dari beberapa program studi, yakni Jurusan Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Agama Islam, Program Studi Pendidikan Guru RA (PGRA). Jurusan Pendidikan Bahasa, terdiri atas: Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), dan Tadris Bahasa Indonesia. Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (PMIPA), terdiri dari: Program Studi Pendidikan MatematikaProgram Studi Pendidikan Fisika, Kimia. Fasilitas yang terdapat di kampus tersebut, di antaranya ada ruang micro teaching, akses internet, ruang kuliah, ruang jurnal, ruang diskusi, dll.

Dalam diskusi bersama kaprodi disampaikan juga tentang rencana kerja sama, seperti dosen tamu, penelitan, PKM, dll,