MAHASISWA PRODI TADRIS BAHASA INDONESIA LAKSANAKAN PEMA MANDIRI

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara Medan mewajibkan mahasiswa yang semester IV untuk melaksanakan pengabdian masyarakata (pema) mandiri. Kegiatan pema ini mandiri ini dilaksanakan oleh semua mahaiswa prodi yang ada di lingkungan FITK UIN Sumatera Utara Medan secara mandiri dengan inisiasi dan biaya sendiri memberikan pengabdian untuk masyarakat Sumut di berbagai desa di kabupaten/kota selama seminggu.

Mahasiswa Prodi Tadris Bahasa Indonesia semester IV juga turut melaksanakan kegiatan pema tersebut. Adapun lokasi pema ada di dua lokasi, yakni Desa Naga Timbul, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang dengan dosen pembimbing Tri Indah Kusumawati, M. Hum, Kaprodi Tadris Bahasa Indonesia dan Desa Kolam, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, dengan dosen pembimbing Rina Devianty, S.S., M,Pd., Sesprodi Tadris Bahasa Indonesia.

Sebelum melaksanakan pema ke lokasi, mahasiswa dibimbing dosen pembimbing untuk mempersiapkan program kerja apa saja yang akan dilaksanakan. Mereka juga diharuskan untuk melaksanakan survei ke lokasi agar bisa mendata situasi dan kebutuhan di lokasi pema tersebut.

Untuk memantau kegiatan pema mahasiswa di dua lokasi tersebut, dosen pembimbing pema beserta beberapa dosen prodi melakukan kunjungan sekaligus bersilaturahmi dengan aparat pemerintah setempat. Kunjungan ke lokasi pema dilaksanakan pada 27 Juli 2023. Kegiatan pema ini diharapkan bisa mengidentifikasi dan memberikan solusi terhadap permasahan yang ada di desa tersebut.