MAHASISWA PRODI TADRIS BAHASA INDONESIA SEMESTER IV MELUNCURKAN 17 RUMAH BACA DIGITAL

Pada tanggal 17 Juni 2023 mahasiswa Program Studi Tadris Bahasa Indonesia Semester IV, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan yang mengambil mata kuliah Manajemen Rumah Baca melangsungkan Seminar Daring (Sedaring) melalui via Zoom Meeting pada hari Sabtu, 17 Juni 2023. Kegiatan ini diketuai oleh Mayang Serungke dan dibimbing oleh bapak Saripuddin Lubis, M.Pd. selaku dosen mata kuliah Manajemen Rumah Baca. Kegiatan Sedaring mengusung tema “Peluncuran Rumah Baca Digital; Meningkatkan Minat Literasi Membaca”.  Dalam kegiatan ini turut hadir Ibu Tri Indah Kusumawati, M.Hum. selaku Ketua prodi Tadris Bahasa Indonesia dan bapak Ismail Harahap, S.Sos.I. sebagai pemateri sekaligus Ketua Rumah Baca PMI Medan Denai. Kegiatan Sedaring ini dihadiri oleh 110 peserta online, yang terdiri dari Dosen, Guru, Mahasiswa, dan pelajar.

Tri Indah Kusumawati, M.Hum., selaku Kaprodi Tadris Bahasa Indonesia pada sambutan yang diberikan menyatakan merasa bangga dengan seminar yang berhasil dilaksanakan. Menurutnya, seluruh mata kuliah harus memiliki outcome atau hasil nyata dari mata kuliah yang telah diselesaikan. “Saya merasa senang dan menyambut baik kegiatan Sedaring yang digagas oleh mahasiswa semester empat yang mengambil mata kuliah Manajemen Rumah Baca. Kegiatan ini merupakan outcome dari mata kuliah tersebut. Kami juga bangga kepada mahasiswa karena mampu meluncurkan 17 rumah baca digital”. Selain itu Ia juga mengatakan bahwa tema yang diambil ini dapat meningkatkan minat literasi membaca dan membantu pola pikir kritis serta inovatif yang akan berpengaruh pada sumber daya manusia. Karena pada dasarnya, meningkatnya literasi membaca akan membantu pola pikir kritis dan inovatif bagi mahasiswa, pendidik, dan masyarakat. Hal tersebut sangat berpengaruh untuk membangun sumber daya manusia ke depannya”.

Pada kegiatan ini ibu Tri Indah Kusumawati, M.Hum. meresmikan secara langsung 17 Rumah Baca Digital yang dibuat oleh mahasiswa Prodi Tadris Bahasa Indonesia yang mengambil mata kuliah Manajemen Rumah Baca. Peluncuran ini ditampilkan sebuah video yang berisikan 17 Rumah Baca Digital mahasiswa Prodi Tadris Bahasa Indonesia yang mengambil mata kuliah Manajemen Rumah Baca. Video tersebut berisikan alasan mengapa mahasiswa memilih nama rumah baca tersebut sebagai rumah baca mereka.

Berikut ini 17 WebSite Rumah Baca Digital yang bisa diakses secara gratis.

  1. Annisa Lutfiyah   : https://sites.google.com/view/digitallibraryannisa
  2. Aulia Meylani: https://sites.google.com/view/rumahbaca-auliameylani/halaman-depan
  3. Ayu Anggraini Marpaung: https://sites.google.com/view/ayuanggreinimarpaung/beranda
  4. Liza Handayani Batu Bara: https://sites.google.com/view/lizahandayanibatubara/beranda
  5. Luhlu Zahara: https://sites.google.com/view/luhluzaraa/halaman-muka
  6. Lulu Ilmanun: https://sites.google.com/view/rumah-baca-lulu-ilmanun/home
  7. Mayang Serungke: https://sites.google.com/view/rumahbacaserungke/home
  8. Mutia Asmi Fadillah: https://sites.google.com/view/rumahbacadigitalmutiaa/home
  9. Nisa Hafzhiyah Hasibuan: https://sites.google.com/view/nisa-hafzhiyah-hsb/beranda
  10. Nadila: https://sites.google.com/view/rumahbacasinggah/beranda
  11. Rahmat Arian: https://sites.google.com/view/rumah-baca-digital-rahmat-/halaman-muka
  12. Siti Putri Aprilia: https://sites.google.com/view/sitiputriaprilia/beranda
  13. Suci Ramadhani: https://sites.google.com/view/rumahbacasucii/buku-puisi
  14. Syifa Aramitha Lubis: https://sites.google.com/view/rumah-baca-syifa-aramitha/halaman-muka
  15. Tantri Adelia: https://sites.google.com/view/tempatmembacabuku/home
  16. Widya Utami: https://sites.google.com/view/ruangbacawiyata/beranda
  17. Yustika Sari: https://sites.google.com/view/rumahbacabumantara?usp=sharing

website rumah baca digital ini dibuat karena di Abad 21 ini zaman sudah semakin canggih dan serba digital. Maka dengan itu Mahasiswa Prodi Tadri Tadris Bahasa Indonesia Semester IV yang mengambil mata kuliah Manajemen Rumah Baca membuat rumah baca digital dengan tujuan agar para pendidik, peserta didik, maupun masyarakat dapat meningkatkan daya minat literasi membaca. Karena, dari membaca seseorang akan mendapatkan berbagai pengetahuan untuk peningkatan kehidupan guna membimbing mereka menuju tujuan mereka. Selain itu website ini juga mempermudah semua kalangan dalam mencari buku. Karena, website ini dapat diakses dimana saja dan kapan saja selagi terhubung dengan jaringan internet.

Ismail Harahap, S.Sos.I. sebagai pemateri sekaligus Ketua Rumah Baca PMI Medan Denai mengatakan adanya Rumah Baca PMI merupakan salah satu misi kemanusiaan dan itulah sebenarnya hakikat rumah baca. “Rumah baca merupakan salah satu dari misi kemanusiaan dan menjadi cara kita untuk bisa mencerdaskan anak-anak bangsa serta meningkatkan minat baca. Inilah hakikat tujuan dari rumah baca”. Selain itu bapak Ismail ini berharap bisa berkolaborasi untuk kemajuan rumah baca digital yang dibuat mahasiswa prodi tadris Bahasa Indonesia . Karena, sarana untuk tempat membaca sudah ada tinggal kita ciptakan masing-masing ide untuk kemajuan rumah baca dan rumah baca digital.

Salah satu peserta, Alfiya Khairani sebagai Mahasiswa Universitas Sumatera Utara memberikan tanggapan. Ia mengatakan bahwa seminar kali ini sangat bermanfaat bagi kalangan milineal sekarang ini yang sudah malas membaca buku. Dengan adanya rumah baca digital ini diharapkan dapat meningkatkan minat literasi membaca anak zaman sekarang. Kemudian harapannya semoga program rumah baca ini tidak berhenti sampai disini saja. saran saya semoga kedepannya akan selalu seminar seperti ini untuk meningkatkan literasi setiap peserta didik dan masyarakat yang lainnya.