DOSEN PRODI TADRIS BAHASA INDONESIA FITK UIN SU MEDAN LAKSANAKAN PKM KOLOBORASI NASIONAL DENGAN FTK UIN AR-RANIRY BANDA ACEH

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh setiap dosen dalam rangka memenuhi tridharma perguruan tinggi. Banyak manfaat yang didapat dari kegiatan PkM ini, di antaranya bisa bersilaturahmi,bisa berbagi ilmu terkait pengembangan tri darma perguruan tinggi, sebagai sarana sosialisasi kampus di kalangan perguruan tinggi, serta sebagai wadah kegiatan pengabdian kepada masyarat wujud tri darma yang ketiga sebagai dosen.

Dosen Prodi Tadri Bahasa Indonesia juga turut serta melaksanakan kegiatan PkM yang berkoloborasi dengan FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Kegiatan PkM dilaksanakan pada 6 s.d. 8 Juli 2023. Turut serta dalam kegiatan PkM tersebut Dekan FITK UIN Sumatera Utara Medan, Prof. Dr. Tien Rafida, M.Hum., Wakil Dekan Bidang Kerja sama dan Kemahasiswaan, Dr. Muhammad Rifa’i, M.Pd. dan beberapa dosen prodi lainnya yang di berada di lingkungan FITK UIN SU Medan.

Kegiatan PkM koloborasi nasional ini sangat diapresiasi oleh Dekan FTK UIN Ar-Raniry, Prof. Dr. Safrul Muluk, S.Ag., M.A., M.Ed., PhD. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa banyak sekali manfaat yang diperoleh kedua belah pihak kampus dalam kegiatan ini, khususnya dalam menningkatkan akreditasi prodi.

Adapun kegiatan PkM Prodi Tadris Bahasa Indonesia dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Sidiq Banda Aceh. Materi PkM yang disampaikan berjudul “Publikasi Ilmiah bagi Guru Madrasah”. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Sekolah MTs Sidiqq, Zulfahmi, Lc., dan para guru MTs Sidiq, serta mahasiswa FTK UIN Ar-Raniry. Dengan tema ini para guru diharapkan bisa meninngkatkan kemampuan menulis karya ilmiahnya, seperti menulis artikel jurnal. Prodi Tadris Bahasa Indoenesia akan menerima dengan dengan senang hati artikel jurnal para guru tersebut untuk dimuat di jurnal prodi, yaitu Jurnal EUNOIA.

Pada kegiatan PkM ini, Kaprodi tadris Bahasa Indonesia menyerahkan buku-buku karya dosen prodi kepada Kepala Madrasah MTs Sidiq Banda Aceh.