Mahasiswa Prodi Tadris Bahasa Indonesia Lakukan Praktik Membatik

Untuk menambah wawasan dan keterampilan mahasiswa di bidang wirausaha, pengelola Prodi Tadris Bahasa Indonesia FITK UIN Sumatera Utara Medan melaksanakan praktik membatik. Praktik membatik ini merupakan aplikasi dari mata kuliah Kewirausahaan bagi mahasiswa semester II. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada 27 Mei 2023 di Usaha Batik Pelopor Jaya, Jalan Rahmat No. 22 A Medan, milik Sri Wahyuni, M.Psi., selaku dosen pengampu mata kuliah Kewirausahaan.

Proses mewarnai batik dengan malam

Sebelum kegiatan praktik membatik dilaksanakan, mahasiswa diberikan informasi terkait sejarah batik, jenis-jenis batik, alat-alat membatik, tahap atau proses kegiatan membatik, dan sebagainya. Kemudian, peserta membatik menggambar di kain dan dilanjutkan dengan mencanting menggunakan malam. Setelah itu baru dilakukan pencelupan warna.

Foto mahasiswa dan dosen dengan hasil karyanya

Kegiatan praktik membatik tersebut dihadiri juga para pengelola prodi Tadris Bahasa Indonesia FITK UIN Sumatera Utara Medan yaitu Rina Devianty, S.S., M.Pd., Budiman, S.Pd.I., M.Pd., dan Ewin Sanjaya Gajah, M.Pd.