Benchmarking ke UIN Mataram dan UNW Mataram

Benchmarking dalam dunia pendidikan sangat penting karena untuk melakukan evaluasi diri secara kontinu dengan membandingkan lembaga pendidikan di tempatnya dengan di perguruan tinggi lain. Benchmarking memungkinkan bagi sebuah lembaga pendidikan untuk mendapatkan padangan baru terhadap praktik-praktik standar, mengidentifikasikan tujuan-tujuan keunggulan, serta sebagai media untuk melakukan perbaikan dan terobosan-terobosan baru.

Prodi Tadris Bahasa Indonesia sebagai prodi termuda di FITK UIN Sumatera Utara Medan diharapkan dapat terus meningkatkan mutunya. Salah satu cara meningkatkan mutu prodi tersebut yakni dengan melaksanakan benchmarking ke berbagai perguruan tinggi. Pelaksanaan benchmarking Prodi Tadris Bahasa Indonesia dilakukan oleh Rina Devianty, S.S., M.Pd. dan Sri Wahyuni, S.Psi., M.Psi. ke FTK UIN mataram. Kegiatan tersebut dikuti juga oleh pengelola prodi lainnya di lingkungan FITK UIN Sumatera Utara Medan. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerja sama, Dr. Muhammad Rifai. M.Pd.

Foto bersama pengelola Wakil Dekan dan pengelola prodi FITK UIN SU Medan dan FTK UIN Mataram

Dalam kesempatan tersebut dilaksanakan juga penandatanganan kerja sama MoU dari kedua perguruan tinggi. Acara diwali dengan kata samburan dari Wakil Dekan III FTK UIN Mataram lalu dilanjutkan dengan diskusi bersama para Wakil Dekan Kaprodi, Sekprodi  Fakultas Ilmu Tarbiyah UIN Mataram. Dalam sambutannya, di sampaikan antara lain pengenalan prodi yang terdapat di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Mataram serta memperkenalkan para pengelola prodi. UIN Mataram memiliki lima fakultas, antara lain Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, serta Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama. UIN Mataram memiliki dua kamous. Kampus pertama di Jl. Pendidikan no 35, Dasan Agung Baru, Kec. Selaparang, Kota Mataram.Kamus kedua di Jl. Gajah Mada Pegsangan no. 1000, Jempong baru, Kec. Sekarbela, Kota Mataram. Hingga saat ini, kampus UIN Mataram memiliki 9 gedung yang harapannya dapat meningkatkan kapasitas kamus untuk menjadi kampus berkelas dunia. Setelah penyampaian kata sambutan, perkenalan dosen, dan penandatanganan MoU antara Fakultasa Ilmu Tarbiyah UIN Sumatera Utara dengan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Mataram, dilanjutkan ke prodi masing-masing untuk melaksanakan penandatanganan kerja sama MoA.