Diskusi Kumara “Tips Publikasi Karya Ilmiah”

Menulis karya ilmiah dinyatakan sebagai prasyarat untuk lulus studi sarjana, Prasyarat untuk program sarjana dapat berupa artikel akademik yang diterbitkan dalam jurnal akademik dengan syarat tingkat jurnal tertentu. Untuk gelar sarjana atau magister, persyarat gelar adalah karya tulis ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah nasional, yang termasuk dalam akreditasi DIKTI. Salah satu syarat untuk lulus program S-3 atau Ph.D. adalah telah menghasilkan paper akademik yang diterima untuk dipublikasikan di jurnal akademik internasional.

Untuk mempersiapkan mahasiswa dalam memenuhi prasyarat tersebut, Kelompok Diskusi Prodi Tadris Bahasa Indonesia Kumara melaksanakan kegiatan diskusi mahasiswa dengan topik “Tips Publikasi Karya Ilmiah” pada Jumat, 10 Maret 2023 pukul 16.00 s.d. 17.00 WIB di ruang kuliah FITK UIN Sumatera Utara Medan. Adapun yang menjadi pemateri pada acara diskusi tersebut adalah Ummi Nur Afinni Dwi Jayanti, M.Pd.

Pemateri juga menyampaikan bahwa sebaiknya jika hendak submit ke jurnal, kita harus memilih jurnal yang sudah bersinta. Selain itu, perhatikan juga peraturannya seperti templet jurnal, mengenai biaya yang dibutuhkan saat hendak mensubmit di jurnal tersebut. Ada beberapa jurnal yang mengenakan biaya jika ingin mensubmit artikel jurnal. Jadi, kita harus teliti dalam mengikuti setiap peraturan yang terdapat dalam jurnal tersebut.