Penguatan Kompetensi Lembaga Penyelenggara Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing

Foto bersama dengan pengurus APP BIPA Sumatera Utara

Balai Bahasa Provinsi Sumatera Utara (BBPSU) mengadakan kegiatan yang bertajuk “Penguatan Kompetensi Lembaga Penyelenggara Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA)”. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari, Senin-Selasa, 7-8 Maret 2022 di Hotel Le Polonia Medan. Kegiatan yang dilaksanakan untuk mendukung penyelenggaraan program Kampus Merdeka.

Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka diselenggarakan dengan tujuan utama untuk menciptakan lingkungan belajar yang beragam guna mencapai sasaran strategis, yakni terciptanya pelajar Pancasila yang berkarakter kebhinekaan global. Mobilitas internasional bagi mahasiswa luar negeri dengan tujuan belajar ke Indonesia membuka peluang bagi kampus penyelenggara BIPA, termasuk UIN Sumatera Utara Medan.

Prodi Tadris Bahasa Indonesia FITK telah memasukkan mata kuliah BIPA di kurikulum prodi tersebut dengan harapan bisa memberi bekal bagi capaian lulusan jika menjadi pengajar mahasiswa asing. Dengan demikian, program BIPA ini merupakan kegiatan fasilitasi kebahasaan yang turut mewujudkan lembaga perguruan tinggi, khususnya UIN Sumatera Utara, sebagai universitas berkelas dunia (world class university).

Diskusi perwakilan perguruan tinggi dengan APP BIPA Sumut

Kegiatan “Penguatan Kompetensi Lembaga Penyelenggara Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing Kemitraan Balai Bahasa Provinsi Sumatera Utara” ini menghadirkan beberapa narasumber, yaitu Dr. Maryanto, M.Hum. Dr. Gatut Susanto, M.M., M.Pd., Yolferi, S.S., M.Hum., Dra. Ermyma Seri., M.Hum., Tamrin Subagyo, Dr. Pramio Garson Sembiring. Kegiatan ini diikuti oleh beberapa perwakilan universitas dan organisasi dari Sumatera Utara, yakni Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Universitas Negeri Medan, Universitas Sumatera Utara, Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, Universitas Asahan, dan lain-lain. Adapun peserta dari UIN Sumatera Utara Medan yang turut hadir pada kegiatan tersebut, yakni Kepala Pusat Pengembangan Bahasa (Dr. Muhammad Dalimunthe, S.Ag.,S.S., M.Hum.), Kepala Pusat Layanan Internasional (Ali Akbar Simbolon, M.Ag.), dan Sekprodi Tadris Bahasa Indonesia (Rina Devianty, S.S., M.Pd.).