Pelatihan Literasi Prodi Tadris Bahasa Indonesia di MTs Madinatul Ilmi Lau Kertang

Foto Bersama Pengurus Prodi Tadris Bahasa Indonesia dengan Kepala Sekolah Madinatul Ilmi dan Kades Lubuk Kertang

Prodi Tadris Bahasa Indonesia FITK UIN Sumatera Utara Medan melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Lubuk Kertang, tepatnya di MTs Madinatul Ilmi selama dua hari, yakni pada 30-31 Maret 2021. Dalam kegiatan ini temanya adalah “Pelatihan Penulisan Puisi untuk Guru dan Siswa”, tutur Rina Devianty, S.S., M.Pd., selaku Sekretaris Prodi Tadris Bahasa Indonesia. Peserta yang mengikuti acara ini sebanyak 35 orang yang terdiri dari guru dan siswa.

Dalam sambutannya, Rina Devianty menyampaikan terima kasih kepada Kepala Desa Zul Insan serta Kepala Madrasah Madinatul Ilmi yang telah mendukung acara pema tersebut. Salah satu alasan mengapa Desa Lubuk Kertang terpilih menjadi tempat pengabdian masyarakat ini adalah karena selain desa ini terkenal dengan ekowisata mangrove serta merupakan pusat kegiatan literasi yang sangat menonjol dengan berbagai gagasan dan terobosan kepala desa dan masyarakat yang dipimpinnya.

Wahyuni (Tim Sideka Desa Lubuk Kertang) juga menyampaikan bahwa hasil dari pelatihan pembuatan puisi ini akan dikumpulkan dan kemudian akan dicetak menjadi buku Antologi, yang insyallah akan diterbitkan sekitaran bulan Juni 2021, sebagai bentuk apresiasi kepada bapak-ibu guru serta siswa MTS Madinatul Ilmi agar dapat terus memacu diri untuk berkarya.

Aisyah, salah satu peserta pelatihan menyampaikan bahwa pelatihan pembuatan puisi ini sangat bermanfaat baginya karena ternyata membuat puisi itu tidak dibutuhkan keterampilan khusus seperti yang dia pikirkan selama ini. “Dari lingkungan sekitar kita, misalnya bisa kita susun menjadi sebuah rangkaian kata yang indah dan penuh makna, serta memiliki pesan yang mendidik. Saya sedang membuat puisi tentang sampah”, tuturnya. Saya berharap puisi saya ini dapat diterbitkan di buku Antologi bersama para dosen dan mahasiswa Prodi Bahasa Indonesia FITK UIN Sumatera Utara Medan.

Tim Sideka (Wahyuni), menyampaikan siap mengakomodasi segala kegiatan warga dalam meningkatkan kualitas mutu SDM. “Semoga buku Antologi tersebut sudah terbit pada 6 Juni 2021 karena rencananya akan dipajangkan ketika memperingati hari jadi Desa Lubuk Kertang.  Saya bangga guru dan pelajar Lubuk Kertang punya karya”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *