PENGABDIAN MASYARAKAT PRODI TADRIS BAHASA INDONESIA: LITERASI MEMBATIK

Prodi Tadris Bahasa Indonesia melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat (pema) pada Sabtu, 9 Desember 2023, pukul 08.00 s.d. 12.00 WIB. Kegiatan pema yang bertajuk “Literasi Membatik” dilaksanakan berkoloborasi dengan UD Batik Pelopor Jaya milik Sri Wahyuni, S.Psi., M.Psi. yang berada di Komplek PIK (Pengusaha Industri Kecil), Keluarahan Medan Tenggara. Kegiatan “Literasi Membatik” ini merupakan praktik mata kuliah Kewirausahan untuk mahasiswa semester I. Kegiatan pema ini juga dihadiri oleh Kaprodi Tadris Bahasa Indonesia. Rina Devianty, S.S., M.Pd. dan dosen pengampu mata kuliah Kewirausahaan, Nurhalimah, M.Pd.

Pada kegiatan pema “Literasi Membatik” ini mahasiswa dikenalkan dengan sejarah batik, jenis-jenis batik, dan cara membuat batik. Batik yang akan dipraktikkan adalah batik khas Medan, yakni bercorak Batak dan Melayu. Selain itu, mahasiswa dikenalkan juga cara membuat motif batik, yaitu dengan cara menggambar pola dengan menggunakan canting dan dengan menggunakan cap.

Pada kegiatan pema ini mahasiswa melakukan praktik membatik di selembar kain. Mereka menggambar sendiri pola batik yang diinginkan lalu dihias dengan lilin menggunakan canting dan kuas. Setelah itu, dilanjutkan dengan proses mewarnai dengan menggunakan larutan khusus. Batik yang sudah diwarnai kemudian dijemur. Hasil karya mereka bisa dibawa pulang. Dharapkan kegiatan pema ini dapat menambah wawasan para peserta meskipun mereka berlatar belakang pendidikan Bahasa Indonesia. Kegiatan pema “Literasi Membatik” diakhiri dengan makan dan foto bersama .