Dosen Prodi Tadris Bahasa Indonesia Hadiri Seminar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA)

Balai Bahasa Provisi Sumatera Utara melaksanakan seminar Pengembangan BIPA Bermuatan Lokal Sumatera Utara pada Selasa 5 Oktober 202 di Hotel Emeral Garden. Seminar ini menghadirkan beberapa narasumber, yakni Prof. Amrin Saragih, M.A., Ph.D. (Ketua Forum Guru Besar Sumatera Utara), Dr. Muhammad Dalimunthe, S.Ag., S.S., M.Hum. (Kepala Pusbinsa UINSU), dan Jade Granier (Direktur Alliance Francaise Medan). Dosen Prodi Tadris Bahasa Indonesia turut hadir dalam acara seminar BIPA tersebut beserta dosen-dosen dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Sumatera Utara.

Dalam sambutannya, Kepala Balai Bahasa Provinsi Sumatera Utara, Dr. Maryanto, M,Hum. menyampaikan program BIPA adalah program pembelajaran keterampilan berbahasa Indonesia bagi penutur bahasa asing. Pembelajaran BIPA memerlukan kurikulum, bahan ajar, metode pembelajaran yang tepat, dan media belajar audio-visual yang dirancang khusus. Untuk itu, Balai Bahasa telah menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi dan lembaga penyelanggara pembelajran BIPA di wilayah Provinsi Sumatera Utara.

Perkuliahan di Prodi Tadris Bahasa Indonesia FITK UIN Sumatera Utara juga memasukkan mata kuliah Pengantar BIPA. Jadi, diharapkan seminar ini dapat menambah wawasan bagi pengelola prodi terkait hal-hal pembelajaran BIPA.