Kegiatan “Penguatan Implementasi Kurikulum OBE dan Persiapan Penilaian World University Ranking” ini dilaksanakan pada Senin, 22 September 2025 di Aula Biro Rektor Lt. 3 Kampus IV Tuntungan yang diikuti oleh kaprodi dan sekprodi se-UIN Sumatera Utara. Kegiatan ini memnbahas tiga tema utama, yakni persiapan instrumen penilaian Times Higher Education (THE) World University Ranking, penerapan kurikulum OBE (Outcome-Based Education), serta strategi promosi universitas dan program studi.


Kepala Pusat World University Rankings, UIN Sumatera Utara, Dr. Irwan Padli Nasution menyampaikan pemaparan pentingnya partisipasi universitas dalam THE World University Rankings sebagai tolok ukur global. Dalam presentasinya, beliau menguraikanKomponen-komponen instrumen THE yang akan dinilai, meliputi teaching, research, citations, international outlook, dan industry income.Kesiapan data internal UINSU: basis data penelitian, publikasi, sitasi, kapabilitas pengajar, fasilitas pembelajaran, dan aspek internasionalisasi.Langkah-langkah strategis untuk memperbaiki indikator-indikator yang selama ini menjadi kelemahan, seperti publikasi internasional, kolaborasi penelitian internasional, serta peningkatan mutu pengajaran dan staf akademik.


Dr. Muhammad Fadhli, Kepala Pusat Kurikulum dan Pembelajaran LPM UIN Sumatera Utara menjelaskan secara teknis penerapan kurikulum outcome based education (OBE). Hai-hal penting yang disampaikan, yakni desain dan perancangan kurikulum berbasis capaian pembelajaran (learning outcomes), baik di tingkat program studi maupun mata kuliah. Mekanisme monitoring dan evaluasi hasil belajar mahasiswa agar sesuai dengan outcome yang ditetapkan, termasuk asesmen formatif dan sumatif, refleksi pembelajaran dan koreksi berkelanjutan.
Kepala Pusat Admisi dan Promosi LPM UIN Sumatera Utara, Raissa Amanda Putri, S.Kom., M.TI., memaparkan usaha-usaha promosi UIN Sumatera Utara dan program studi, seperti penyiapan materi promosi yang menarik dan informatif, baik melalui brosur, video profil, media sosial, website resmi, dan materi digital lainnya., peningkatan visibility UINSU di berbagai platform penerimaan mahasiswa baru, pameran pendidikan, dan kerja sama dengan sekolah dan institusi lain, penguatan ciri khas prodi melalui capaian akreditasi, prestasi dosen, dan mahasiswa, penelitian, serta fasilitas penunjang.
Penyesuaian informasi promosi agar mencerminkan keunggulan Prodi (misalnya fokus penelitian, fasilitas, peluang karir) dan mengikuti tren kebutuhan pasar / dunia kerja.
Arah