Kurikulum Prodi Tadris Bahasa Indonesia
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara Medan mempunyai sebelas jurusan/program studi strata satu, yaitu: Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Bimbingan Konseling Pendidikan Islam (BKPI), Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Tadris Bahasa Inggris (TBI), Pendidikan Matematika (PMM), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Tadris Ilmu Pengetahuan Ssosial (TIPS), Tadris Biologi (TBIO), dan Tadris Bahasa Indonesia (TBInd.).
A. Identitas Program Studi Tadris Bahasa Indonesia
NO | IDENTITAS | KETERANGAN | |
1 | Perguruan Tinggi | : | Universitas Islam Negeri Sumatera Utara |
2 | Fakultas | : | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan |
3 | Jurusan | : | Tadris Bahasa Indonesia |
4 | Akreditasi | : | – |
5 | Gelar Akademik | : | S. Pd. |
6 | Kode Jurusan pada PDPT | : | – |
7 | Bahasa Pengantar | : | Indonesia |
8 | Program Studi yang Relevan | : | PGMI, PIAUD |
9 | Tanggal Program Spesifikasi | : | – |
10 | Syarat masuk | : | Lulus salah satu dari jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN), Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN), dan Seleksi Ujian Mandiri (UM). |
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN DAN
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN JENJANG SARJANA
PROGRAM STUDI TADRIS BAHASA INDONESIA
- PROGRAM STUDI TADRIS BAHASA INDONESIA
- Profil Lulusan Program Studi
Profil utama lulusan Program Studi Tadris Bahasa Indonesia adalah pendidik, peneliti dan pengembang bahan ajar Bahasa Indonesiayang berpengetahuan luas, mendalam dan mutakhir di bidangnya, berkeprinadian baik, berkemampuan dalam melaksanakan tugas serta bertanggungjawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.
Profil | Deskripsi |
Pendidik/Praktisi Pendidikan | Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai pendidik dalam bidang mata pelajaran Bahasa Indonesia pada sekolah/madrasah (SMA/MA/SMK/MAK) yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan berkepribadian Islami. |
Asisten Peneliti | Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai asisten peneliti dalam bidang Bahasa Indonesia yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian |
Pengembang Bahan Ajar | Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai pengembang bahan ajar dalam bidang Bahasa Indonesia pada sekolah/madrasah (SMA/MA/SMK/MAK) dan bidang Bahasa Indonesia yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian |
Editor, penyunting Bahasa Indonesia | Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai editor, penyunting yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian |
- Rumusan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)
- Deskripsi Umum
Deskripsi Umum terkait dengan Karakter dan Kepribadian Manusia Indonesia
Sesuai dengan ideologi Negara dan budaya Bangsa Indonesia, maka implementasi sistem pendidikan nasional yang dilakukan di Indonesia pada setiap level kualifikasi pada KKNI mencakup proses yang membangun karakter dan kepribadian manusia Indonesia sebagai berikut:
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
- Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya.
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia.
- Mampu bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya.
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan dan agama serta pendapat/temuan original orang lain.
- Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.
- Deskripsi Kualifikasi Level 6 Jenjang Sarjana dalam KKNI
No | Unsur Kualifikasi Kerja | Deskrispi Generik | Deskripsi Spesifik |
1 | Kemampuan Kerja | Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi. | Mampu menerapkan teori-teori pendidikan dan pembelajaran dalam penyusunan perangkat, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah/madrasah sekaligus menerapkan ilmu kebahasaan di berbagai bidang terkait berbasis tekhnologi informasi dan komunikasi.mampu memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi informasi dan komunikasi dalam menyelesaikan berbagai masalah penerapan bahasa Indonesia di sekolah/madrasah dan bidang lain yang relevan. mampu beradaptasi terhadaop situasi yang dihadapi terkait dengan dinamika sosial-budaya, ekonomi dan politik serta tantangan global dalam pelaksanaan tugas pembelajaran Bahasa Indonesia si sekolah/madrasah juga beradaptasi dalam bidang yang lain yang relevan. |
2. | Penguasaan Pengetahuan | Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoretis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaiasecara procedural | Menguasai teori, konsep dasar teori Bahasa Indonesia sebagai landasan dalam menganalisis dan menerapkan layanan pendidikan bagi peserta didik.Menfuasai teori-teori pembelajaran Bahasa Indonesia dan mampu memformulasikannya secara procedural dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.Menguasai dasar-dasar dan perancangan dan pengelolaan yang menguasai subtansi kajian keilmuan Bahasa Indonesia secara luas, mendalam, dan mutakhir untyuk membimbing peserta didik memenuhi standard kompetensi yang ditetapkan. |
Kemampuan Manajerial | Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok. | Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis data dalam menentukan berbagai alternative pemenuhan kebutuhan belajar bagi peserta didik prodi Tadris Bahasa Indonesia dan mengaplikasikan nilai-nilai kemanusiaan dan hak asasi manusia.Mampu memberikan petunjuk dan langka-langkah pemecahan berbagai masalah Bahasa Indonesia secara mandiri dan kolektif untuk memperoleh hasil pembelajaran yang bermutu dan maksimal dalam pembentukan perilaku keagamaan peserta didik.Mampu memetakan wacana dan fenimena kebahasaan dan kesastraan serta isu-isu kontemporer dalam Bahasa Indonesia untuk dijadikan sebagai dasar dalam pengembangan pembelajaran Bahasa Indonesia yang kreatif dan inovatif. | |
4 | TanggungJawab Manajerial | Bertanggungjawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi. | Mampu menunjukkan kinerja dalam praktik pembelajaran Bahasa Indonesia yang dapat dipertanggungjawabkan pada para pengguna pelayanan, pemangku kepentingan, dan masyarakat dengan mengaplikasikan prinsip-prinsip dasae berfikir kritis, kemanusiaan, dan pemberdayaan kebahasaan.Bertanggungjawab dan dapat diberi tanggungkjawab dalam pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia yang efektif, produktif, bermakna dan berlandaskan nilai-nilai kemanusiaan dalam masyarakat multi bahasa baik secara mandiri maupun kemitraan. |
3. Capaian Pembelajaran Program Studi
3. a. Capaian Pembelajaran Program Studi Bidang Sikap dan Tata Nilai
Deskripsi Capaian Pembelajaran Bidang Sikap dan Tata Nilai |
Lulusan Program Studi Tadris Bahasa Indonesia jenjang sarjana (level 6 dalam KKNI) wajib memiliki sikap dan tata nilai sebagai berikut: Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religiusMenjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etikaBerkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan PancasilaBerperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsaMenghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lainBekerja sama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkunganTaat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegaraan.Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademikMenunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiriMenginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaanMemahami dirinya secara utuh sebagai Sarjana PendidikanMampu beradaptasi, bekerja sama, berkreasi, berkontribusi, dan berinovasi dalam menerapkan ilmu pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat serta memiliki wawasan global dalam perannya sebagai warga dunia, dan Memiliki integritas akademik, antara lain kemampuan memahami arti plagiarisme, jenis-jenisnya, dan upaya pencegahannya, serta konsekuensinya apabila melakukan plagiarisme.Menampilkan diri sebagai pribadi yang stabil, dewasa, arif dan berwibawa serta berkemampuan adaptasi (adaptability), fleksibiltas (flexibility), pengendalian diri, (self direction), secara baik dan penuh inisitaif di tempat tugas.Bersikap inklusif, bertindak obyektif dan tidak deskriminatif berdasarkan pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga dan status sosial ekonomi. Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab, rasa bangga, percaya diri dan cinta menjadi pendidik bidang pendidikan agama Islam pada satuan pendidikan sekolah/madrasah (SMP/MTs/ SMA/MA/MK/MAK).Menunjukkan sikap kepemimpinan (leadership), bertanggungjawab (accountability) dan responsibilitas (responsibility) atas pekerjaan di bidang pendidikan agama Islam secara mandiri pada satuan pendidikan sekolah/madrasah (SMP/MTs/SMA/MA/MK/MAK)Menginternalisasi semangat kemandirian/kewirausahaan dan inovasi dalam pembelajaran bidang pendidikan agama Islam pada satuan pendidikan sekolah/madrasah (SMP/MTs/SMA/MA/MK/MAK). |
3. b. Capaian Pembelajaran Program Studi Bidang Pengetahuan
Deskripsi Capaian Pembelajaran Bidang Pengetahuan |
Lulusan Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam jenjang sarjana (level 6 dalam KKNI) wajib memiliki pengetahuan sebagai berikut : Menguasai pengetahuan tentang filsafat pancasila, kewarganegaraan, wawasan kebangsaan (nasionalisme) dan globalisasiMenguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam menyampaikan gagasan ilmiah secara lisan dan tertulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja.Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja.Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam mengembangkan pemikiran kritis, logis, kreatif, inovatif dan sistematis serta memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat individual dan kelompok dalam komunitas akademik dan non akademik.Menguasai pengetahuan dasar-dasar keislaman sebagai agama rahmatan lil ‘alamin.Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah integrasi keilmuan (agama dan sains) sebagai paradigma keilmuan.Menguasai langkah-langkah mengidentifikasi ragam upaya wirausaha yang bercirikan inovasi dan kemandirian yang berlandaskan etika Islam, keilmuan, profesional, lokal, nasional dan global.Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran.Memberikan layanan pembelajaran bidang Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam yang mendidik kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknyaMemfasilitasi pengembangan potensi peserta didik secara optimal.Menguasai landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, kultural, psikologis, dan empiris dalam penyelenggaraan pendidikan danpembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.Menguasai konsep, instrumentasi, dan praksis psikologi pendidikan dan dan bimbingan sebagai bagian dari pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Menguasai teori belajar dan pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.Memilih secara adekuat pendekatan dan model pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam perencanaan pembelajaran, penyelenggaraan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.Memperbaiki dan/atau meningkatkan kualitas pembelajaran berdasarkan penilaian proses dan penilaian hasil belajar Bahasa dan Sastra Indonesia.Menguasai tujuan, isi, pengalaman belajar, dan penilaian dalam kurikulum satuan pendidikan untuk bidang Bahasa dan Sastra IndonesiaMelakukan pendalaman bidang kajian Bimbingan Konseling Pendidikan Islam sesuai dengan lingkungan dan perkembangan jamanMenguasai integrasi teknologi, pedagogi, muatan keilmuan dana/atau keahlian, serta komunikasi dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.Mengembangkan kurikulum bdang Bimbingan Konseling Pendidikan Islam sesuai dengan bidang tugas dan mengelola kurikulum tingkat satuan pendidikan. Menguasai konsep, metode keilmuan, substansi materi, struktur, dan pola pikir keilmuan Bahasa dan Sastra Indonesia.Menguasai teori kewirausahaan dalam pendidikan dalam kerangka pengembangan Bimbingan Konseling Pendidikan Islam yang kreatif dan inovatif. |
3. c. Capaian Pembelajaran Program Studi Bidang Keterampilan
3. c. 1. Capaian Pembelajaran Program Studi Bidang Keterampilan Umum
Deskripsi Capaian Pembelajaran Bidang Keterampilan Umum |
Lulusan Program Studi Tadris Bahasa Indonesia jenjang sarjana (level 6 dalam KKNI) wajib memiliki kekerampilan umum sebagai berikut : Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam kontek pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur.Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.Menyusun deskripsi saintifik, hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.Mampu mengambil keputusan secara tepat, dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data.Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamanahkan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan mencegah plagiasi. Menunjukkan kemampuan literasi informasi, media dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan keilmuan dan kemampuan kerja.Mampu berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja.Mampu berkolaborasi dalam team, menunjukkan kemampuan kreatif (creativity skill), inovatif (innovation skill), berpikir kritis (critical thinking) dan pemecahan masalah (problem solving skill) dalam pengembangan keilmuan dan pelaksanaan tugas di dunia kerja.Mampu membaca al-Qur’an berdasarkan ilmu qira’at dan ilmu tajwid.Mampu menghafal dan memahami al-Qur’an juz 30 (Juz Amma)Mampu melaksanakan ibadah dan memimpin ritual keagamaan dengan baik. |
3. c. 2. Capaian Pembelajaran Program Studi Bidang Keterampilan Khusus
Deskripsi Capaian Pembelajaran Bidang Keterampilan Khusus |
Lulusan Program Studi Tadris Bahasa Indonesia jenjang sarjana (level 6 dalam KKNI) wajib memiliki kekerampilan khusus sebagai berikut : Mampu berbahasa dan bersastra Indonesia, secara lisan dan tulisan dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan serta mampu menggunakan salah satu bahasa daerah.Mampu mengapresiasi, mengekspresi, mengkreasi karya sastra Indonesia secara lisan dan tulisan.Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan, dalam pembelajaran Bahasa Indonesia serta menghasilkan desainpembelajaran yang mendidik, kreatif, dan inovatif untuk pembelajaran Bahasa Indonesia.Mampu merencanakan dan melakukan kajian terhadap imlpementasi pendidikan Bahasa Indonesia melalui pendekatan secara terintegrasi.Mampu mebnghasilkan layanan jasa dan produk kreatif dalam bidang Bahasa Indonesia, serta pembelajarannya.Mampu mengembangkan kurikulum mata pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah/madrasah sesuai dengan prosedur dan prinsip-prinsip dalam pengembangan kurikulum.Mampu memanfaatkan tekhnologi informasi dan komunikasi secara efektif dan berdaya guna untuk pembelajaran bahasa Indonesia si sekolah/madrasah dan instansi lain.Mampu menmasilitasi pengembangan potensi kebahasaan peserta didik untuk mengaktualisasikan kemampuan dan keterampilan berbahasa Indonesia dalam kehidupan nyata di sekolah. Madrasah dan di masyarakat.Mampu melaksanakan penilaian dan evalusi proses dan hasil pembelajaran Bahasa Indonesia secara tepat, serta mampu memanfaatkannya untuk keperluan pembelajaran.Mampu melakukan tindakan reflektif melalui prosedur penelitian ilmiah untuk peningkatan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia.Mampu mengembangkan keilmuan dan keprofesian berkelanjutan secara mandiri dan kolektif dalam kerangka mewujudkan diri sebagai pendidik sejati yang pembelajar. |
VISI, MISI, TUJUAN DAN STRATEGI PENCAPAIAN
PRODI TADRSI BAHASA INDONESIA
- Visi, Misi, Tujuan dan Strategi Pencapaian
- Visi
Menjadi program studi unggul tingkat Asia Tenggara dalam menghasilkan sarjana pendidikan bahasa Indonesia berlandaskan potensi lokal dan pengembangan pendidikan Islam terpadu berbasis transdisipliner untuk menciptakan masyarakat pembelajar yang mandiri tahun 2035.
- Misi
- Melaksanakan pendidikan dan pembelajaran Islam terpadu untuk menghasilkan lulusan yang unggul berbasis transdisipliner.
- Melaksanakan penelitian kependidikan dan keilmuan bahasa Indonesia berbasis potensi lokal dan transdisipliner dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
- Menyelenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam bidang pendidikan bahasa Indonesia berbasis transdisipliner untuk mewujudkan masyarakat pembelajar yang mandiri.
- Membina hubungan kerjasama yang baik dalam negeri maupun luar negeri untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas tridarma perguruan tinggi dalam rangka mewujudkan universitas kelas dunia.
3. Tujuan
- Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi keilmuan dalam bidang utama Tadris Bahasa Indonesia berbasis transdisipliner.
- Menghasilkan Sarjana Tadris Bahasa Indonesia yang mampu mengelola pembelajaran bahasa Indonesia secara professional berbasis transdisipliner.
- Menghasilkan sarjana Tadris Bahasa Indonesia yang mampu memberikan layanan prima pembelajaran bahasa Indonesia berbasis transdisipliner.
- Menghasilkan sarjana Tadris Bahasa Indonesia yang mampu melakukan perancangan dan pengembangan pembelajaran bahasa Indonesia serta mengantisipasi perkembangan bahasa Indonesia dan era teknologi informasi dalam masyarakat berbasis transdisipliner.
4. Strategi Pencapaian
Untuk mencapai visi, misi dan tujuan sebagaimana dikemukakan pada sasaran pencapaian Visi dan Misi prodi Tadris Bahasa Indonesia dilakukan dengan cara melakukan komunikasi dua arah dengan mahasiswa, para dosen dan pegawai dalam mensosialisasi Visi-Misi tersebut. Seterusnya memberi pemahaman yang terus menerus, bahwa mahasiswa prodi Tadris Bahasa Indonesia adalah bagian dari pengembangan sains dan budaya Islam yang harus saling bekerjasama semua komponen civitas akademika untuk meningkatkan mutu.
Selain itu, program studi juga melakukan program perbaikan di bidang pembelajaran di kelas, penelitian, dan kegiatan Ilmiah lainnya untuk meningkatkan kualitas dosen, staf, pegawai dan mahasiswa. Peningkatan mutu mahasiswa selain diupayakan melalui kegiatan akademik, juga dilakukan melalui berbagai kegiatan ekstrakurikuler, pengembangan minat, bakat dan kompetensi sains. Adapun rincian strategi pencapaian yang dilaksanakan yaitu:
- Mengembangkan manajemen program studi Tadris Bahasa Indonesia yang berbasis pada peningkatan keunggulan mutu lulusan.
- Mengembangkan kurikulum program studi Tadris Bahasa Indonesia yang berfokus pada pencapaian kompetensi utama guru bahasa Indonesia profesional.
- Mendayagunakan sumber daya tenaga dosen yang profesional dalam bidang Tadris Bahasa Indonesia untuk menghasilkan lulusan unggul, terpercaya danterkemuka di dunia pengelolaan bahasa Indonesia.
- Mengembangkan jaringan kerjasama (networking) antar lembaga perguruan tinggi pengembang Tadris Bahasa Indonesia yang dapat menghasilkan nilai tambah mempercepat kemajuan prodi Tadris Bahasa Indonesia.
STRUKTUR MATA KULIAH
BERBASIS WAHDATUL ULUM DAN MERDEKA BELAJAR
PROGRAM STUDI TADRIS BAHASA INDONESIA
Semester I
No | Kode Mata Kuliah | Mata Kuliah | SKS |
1 | 010314001 | Pancasila | 2 |
2 | 010314003 | Al-Quran | 2 |
3 | 010314004 | Hadis | 2 |
4 | 010314005 | Ilmu Tauhid | 2 |
5 | 010314006 | Wahdatul Ulum | 2 |
6 | 010310002 | Ilmu Pendidikan Islam | 2 |
7 | 010314101 | Pengantar Linguistik Umum | 2 |
8 | 010314102 | Pengantar Ilmu Sastra | 2 |
9 | 010314103 | Fonologi | 2 |
10 | 010314104 | Sastra Tradisi Islam Sumatera Utara | 2 |
Jumlah | 20 |
Semester II
No | Kode Mata Kuliah | Mata Kuliah | SKS |
1 | 010314002 | Kewarganegaraan | 2 |
2 | 010314008 | Fikih/ Ushul Fikih | 2 |
3 | 010314009 | Etika Akademik | 2 |
4 | 010314010 | Filsafat Ilmu | 2 |
5 | 010314013 | Bahasa Indonesia | 2 |
6 | 010310010 | Kewirausahaan | 2 |
7 | 010310007 | Psikologi Pendidikan | 2 |
8 | 010310008 | Manajemen Organisasi Pendidikan | 2 |
9 | 010314105 | Morfologi | 2 |
10 | 010314106 | Apresiasi Sastra | 2 |
Jumlah | 20 |
Semester III
No | Kode Mata Kuliah | Mata Kuliah | SKS |
1 | 010314007 | Sejarah Peradaban Islam | 2 |
2 | 010314011 | Bahasa Arab | 2 |
3 | 010314012 | Bahasa Inggris | 2 |
4 | 010310001 | Sejarah Pendidikan Islam | 2 |
5 | 010310003 | Filsafat Pendidikan Islam | 2 |
6 | 010310005 | Sosiologi Pendidikan | 2 |
7 | 010310068 | Bimbingan Konseling Islam | 2 |
8 | 010314107 | Sintaksis | 2 |
9 | 010310004 | Administrasi Pendidikan | 2 |
10 | 010314108 | Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra | 2 |
Jumlah | 20 |
Semester IV
No | Kode Mata Kuliah | Mata Kuliah | SKS |
1 | 010310009 | Profesi Keguruan/ Pendidikan | 2 |
2 | 010314111 | Inovasi Pendidikan (Pilihan)* | 2 |
010314112 | Kepemimpinan Pendidikan Islam (Pilihan)* | ||
3 | 010314109 | Semantik | 2 |
4 | 010314110 | Teori Belajar Bahasa | 2 |
5 | 010314111 | Sosiologi Sastra | 2 |
6 | 010314112 | Sosiolinguistik | 2 |
7 | 010314113 | Manajemen Rumah Baca** | 2 |
010314114 | Manajemen Seni Pertunjukan** | ||
8 | 010314115 | Filsafat Bahasa | 2 |
9 | 010314116 | Keterampilan Berbahasa | 2 |
10 | 010314117 | Penyuntingan Bahasa | 2 |
Jumlah | 20 |
Catatan: Mata kuliah Pilihan Fakultas (*) wajib diambil 2 SKS
Mata kuliah pilihan Prodi (**) wajib diambil 2 SKS
Semester V
No | Kode Mata Kuliah | Mata Kuliah | SKS |
1 | 010314118 | Perencanaan Pembelajaran Bahasa | 2 |
2 | 010314119 | Strategi Pembelajaran Bahasa | 2 |
3 | 010314120 | Metode Penelitian Kuantitatif | 2 |
4 | 010314121 | Kritik Sastra | 2 |
5 | 010314122 | Magang I (Observasi Pembelajaran Bahasa) | 2 |
6 | 010314123 | Menulis Kreatif | 4 |
7 | 010314124 | Pragmatik | 2 |
8 | 010314125 | Leksikologi | 2 |
9 | 010314126 | Dialektologi | 2 |
Jumlah | 20 |
Semester VI
No | Kode Mata Kuliah | Mata Kuliah | SKS |
1 | 010314127 | Metode Penelitian Kualitatif | 2 |
2 | 010314128 | Apresiasi Drama | 2 |
3 | 010314129 | Evaluasi Pembelajaran | 2 |
4 | 010314130 | Menulis Naskah Sastra | 2 |
5 | 010314131 | Magang II (Praktik Micro Teaching) | 2 |
6 | 010314132 | Keterampilan Berpantun** | 2 |
010314133 | Keterampilan Dendang Syair** | ||
7 | 010314134 | Digitalisasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra | 4 |
8 | 010314135 | Telaah Kurikulum | 4 |
Jumlah | 20 |
Catatan: Mata kuliah pilihan Prodi (**) wajib diambil 2 SKS
Semester VII
No | Kode Mata Kuliah | Mata Kuliah | SKS |
1 | 010314136 | BIPA | 2 |
2 | 010314137 | Magang III (Praktik Mengajar Bahasa di Sekolah) | 4 |
3 | 010314138 | Seminar | 2 |
4 | 010314139 | Keterampilan Berpidato** | 2 |
5 | 010314140 | Keterampilan Berkisah** | |
6 | 010314141 | Menulis Karya Ilmiah dan Sastra | 4 |
7 | 010314142 | Analisis Wacana | 2 |
8 | 010314143 | Kepewaraan** | 2 |
9 | 010314144 | Pertunjukan Sastra** | |
Jumlah | 18 |
Catatan: Mata kuliah pilihan Prodi (**) wajib diambil 2 SKS
Semester VIII
No | Kode Mata Kuliah | Mata Kuliah | SKS |
1 | 010314145 | KKN | 4 |
2 | 010314146 | TUGAS AKHIR (SKRIPSI/JURNAL TERAKREDITASI NASIONAL) | 6 |
Jumlah | 10 |
Rekapitulasi
MATA KULIAH | I | II | III | IV | V | VI | VII | VII | JUMLAH |
Universitas | 10 | 10 | 6 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 26 |
Fakultas | 2 | 6 | 10 | 2 | 0 | 0 | 0 | 0 | 20 |
Program Studi | 8 | 4 | 4 | 14 | 20 | 18 | 14 | 10 | 92 |
Pilihan | 0 | 0 | 0 | 4 | 0 | 2 | 4 | 0 | 10 |
Total SKS | 148 |
Catatan:
Kode Mata Kuliah warna Hijau = Mata Kuliah Universitas
Kode Mata Kuliah warna Merah = Mata Kuliah Fakultas
Kode Mata Kuliah warna Kuning = Mata Kuliah Program Studi