Gerakan CILI (Cinta Literasi) Mahasiswa Prodi Tadris Bahasa Indonesia

Untuk meningkatkan minat baca masyarakat, terutama di kalangan para pelajar, mahasiswa Prodi Tadris Bahasa Indonesia Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara Medan mengadakan kegiatan Cinta Literasi atau CILI yang dilaksanakan pada Jumat, 25 November 2022 di Jln. Sidomulyo Pasar 9 Tembung, Deli Serdang. Kegiatan Cinta Literasi ini merupakan salah satu program kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa Prodi Tadris Bahasa Indonesia Stambuk 2021 dan 2022 untuk mengajak dan menumbuhkan cinta literasi masyarakat utamanya dikalangan para pelajar.

Pada gerakan CILI (Cinta Literasi) kali ini para mahasiswa Prodi Tadris Bahasa Indonesia membawa sejumlah buku yang terdiri dari buku cerpen, novel, kumpulan pantun dan puisi, serta buku-buku lainnya. Adapun anak-anak sekitar yang masih sekolah pada tingkat pendidikan dasar sangat antusias untuk membaca buku-buku yang ada. Mahasiswa yang ikut dalam kegiatan Cinta Literasi kali ini, yakni Syifa Aulia, Adelia Putri, Viola Rizki Ramadhan, Sintia Dewi, Safira Ananda, Artha Hardi Kirana, Cahaya Putri, dan Faiz.

Seperti yang sudah diketahui, literasi adalah kemampuan berbahasa yang dimiliki oleh seseorang dalam berkomunikasi, baik “membaca, berbicara, menyimak, maupun menulis” dengan cara yang berbeda sesuai dengan tujuannya. Jika didefinisikan secara singkat, maka pengertian literasi adalah kemampuan menulis dan membaca.

Harapanya setelah melakukan kegiatan gerakan Cinta Literasi ini masyarakat, khususnya para pelajar yang masih duduk di bangku sekolah dasar hingga menengah atas dapat mengurangi kebiasan bermain gadget yang sedikit manfaatnya. Dengan melaksanakan gerakan Literasi ini dapat meningkatkan kemampuan membaca, berbicara, menyimak dan menulis sebagaimana pengertian literasi di atas.