PEMA FITK UIN SU : DARI DESA KITA BANGUN NEGERI, LEWAT PENDIDIKAN KITA BERSINERGI

Foto bersama Kaprodi dengan mahasiswa Prodi Tadris Bahasa Indonesia FITK pada kegiatan pelepasan pema di gelanggang mahasiswa kampus I Sutomo Ujung

Program pengabdian pada masyarakat bukanlah hal yang baru bagi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU), bahkan setiap tahunnya pengabdian pada masyarakat ini rutin dilakukan. Pelepasan kegiatan pengabdian pada masyarakat bagi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU), dilaksanakan pada hari selasa tanggal 12 JuliĀ  2022 bertempat di gelanggang mahasiswa kampus I Sutomo Ujung jalan IAIN No. 1 Medan 20235

Dr. Muhammad Rifai, M. Pd selaku ketua panitia pada kegiatan pengabdian pada masyarakat tahun 2022  menyampaikan bahwa pengabdian pada masyarakat tahun ini diikuti oleh 1. 663 mahasiswa yang tersebar di sembilan kabupaten/kota yaitu Kabupaten Langkat, Kabupaten Karo, Kabupaten Aceh Tenggara, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Dairi, Kabupaten Serdang Bedagai, Kabupaten Langkat, Kabupaten Deli Serdang, dan Kabupaten Batubara.di 48 desa se-Sumatera Utara.

Pengabdian masyakatan tahun 2022 kali ini mengusung tema yang berbeda dengan tahun-tahun sebelunya, “Dari desa kita bangun negeri, lewat pendidikan kita bersinergiā€™. Diharapkan dengan kehadiran mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU) dengan segala program yang sudah dipersiapkan dapat  memberi warna di tengah-tengah masyarakat sehingga dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat.

Dalam acara pelepasan tersebut hadir perwakilan dari BKKBN Sumatera Utara, dalam hal ini dihadiri bapak Muhammad Irzal. Dalam sambutannya beliau mengatakan pihaknya senang dapat bersinergi dalam program-program pengabdian pada masyarakat. Diharapkan dengan program kampus seperti ini bisa berkolaborasi dalam sosialisasi dan penyuluhan kepada masyarakat terkait penurunan angka kekerdilan atau stunting dimasyarakat khususnya di lokasi desa tempat adik-adik pengabdian.

Dekan FITK Dr Mardianto, MPd. menyampaikan, FITK sebagai fakultas yang memiliki mahasiswa terbanyak di antara fakultas yang ada di UIN Sumatera Utara Medan, yaitu 15 prodi. Pengabdian pada masyarakat ini dilakukan setelah berakhir semester IV yang merupakan salah satu program wajib dalam studi di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU), yaitu pengabdian masyarakat yang digelar mandiri oleh mahasiswa berbagai prodi. Jadi mahasiswa sendiri yang menginisiasi untuk memilih lokasi dengan biaya sendiri bahkan meninggalkan keluarga untuk dapat mengikuti kegiatan pengabdian tersebut.

Pelepasan pengabdian pada masyarakat Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan tahun ini  dihadiri juga oleh wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah. Dalam arahannya beliau menyampaikan agar mahasiswa yang ikut dalam program pengabdiam pada masyarakat dapat menggunakan waktu yang ada selama berada dilokasi tempat pengabdian dapat berintraksi dan mengabdi serta dapat memberikan konstibusi kepada masyarakat. Dalam sambutannya, wakil gubernur mengharapkan mahasiswa harus berperan dalam penurunan stunting dan penanganan, antisipasi narkoba bagi remaja di daerah-daerah. Lalu membantu kebangkitan perekonomian desa-desa.