Pelatihan Belajar Aktif Berbasis MIKIR untuk Guru Madrasah Aliyah Laboratorium UIN Sumatera Medan

Foto bersama para pengelola Prodi Tadris Bahasa Indonesia dengan Peserta Pelatihan

Salah satu tujuan penting dari pembelajaran adalah mengembangkan potensi siswa. Pendekatan pembelajaran yang dapat mengembangkan potensi tersebut adalah pendekatan belajar aktif. Guru sangat perlu memiliki pemahaman yang baik tentang pendekatan tersebut untuk mendukung peran penting mereka dalam mengembangkan potensi siswa tersebut.

Untuk mendukung potensi guru dalam mengembangkan pendekatan belajar aktif tersebut, Pengelola Prodi Tadris Bahasa Indonesia FITK UIN Sumatera Utara Medan melaksanakan Pelatihan Belajar Aktif Berbasis MIKIR untuk Guru Madrasah Aliyah Laboratorium UIN Sumatera Medan. Kegiatan pelatihan tersebut dilaksanakan Selasa, 24 Mei 2022 bertempat di ruang kelas Madrasah Aliyah Laboratorium UIN Sumatera Medan. Turut hadir dalam pada kegiatan pelatihan tersebut Kaprodi, Sekprodi, dan dosen Prodi Tadris Bahasa Indonesia. Peserta pelatihan tersebut merupakan para guru di lingkungan Madrasah Aliyah Laboratorium UIN Sumatera Utara Medan.

Pembelajaran aktif MIKIR sangat penting diterapkan guru dalam pembelajaran karena mengalami dalam belajar melibatkan banyak indera sehingga pemahaman konsep akan lebih mantap; interaksi dapat mendorong siswa untuk bereaksi terhadap pendapat siswa lain dan dapat menimbulkan refleksi pada diri siswa lain tersebut; komunikasi dapat memotivasi siswa untuk berani dan lancar dalam mengungkapkan gagasan; dan refleksi dapat memunculkan sikap untuk mau menerima kritik dan memperbaiki diri, baik gagasan, hasil karya maupun sikapnya.

Foto saat pemateri dari Prodi Tadris Mahasa Indonesia (Dr. Riris Nurkholidah Rambe, M.Pd.) memberikan materi tentang MIKIR kepada peserta pelatihan

Kegiatan pelatihan ini merupakan bentuk realisasi kerja sama MoA antara Prodi Tadris bahasa Indonesia FITK UIN Sumatera Medan dengan Madrasah Aliyah Laboratorium UIN Sumatera Utara Medan. Setelah mengikuti sesi ini, peserta diharapkan mampu mengenal unsur-unsur pembelajaran aktif serta mengidentifikasi contoh-contoh kegiatan pembelajaran untuk tiap unsur pembelajaran aktif.