Gerakan Cinta Literasi Prodi Tadris Bahasa Indonesia

Siswa Cinta Budaya National School membaca buku bersama mahasiswa Prodi Tadris Bahasa Indonesia

Untuk meningkatkan budaya gemar membaca di kalangan masyarakat, mahasiswa Prodi Tadris Bahasa Indonesia FITK UIN Sumatera Utara Medan membentuk gerakan Cinta Literasi (Cili) dengan menyediakan lapak baca gratis yang menyediakan buku-buku bacaan untuk berbagai usia dan kalangan. Gerakan ini merupakan salah satu bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat yang diharapkan bisa mendorong gerakan cinta membaca.

Mahasiswa Prodi Tadris Bahasa Indonesia berada di lokasi lapak baca gratis Kompleks MMTC Jalan Willem Iskandar

Kegiatan gemar membaca atau disebut juga cinta literasi (Cili) mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia dilaksanakan dengan cara membawa beberapa buku bacaan yang jenisnya bermacam-macam. Ada buku novel, komik, agama, populer, dan lain-lain. Buku-buku tersebut sebagian diletakkan di di rak buku mini dan sebagian lagi digelar di karpet plastik ukuran 2×3. Lokasi lapak baca buku gratis tersebut berpindah-pindah. Namun, ditargetkan di tempat yang banyak warga berkumpul atau ramai saat menghabiskan waktu luangnya.

Kegiatan Cinta Literasi (Cili) dengan menyediakan buku-buku bacaan gratis ini dijadwalkan rutin seminggu sekali. Buku-buku bacaan yang dibawa diganti setiap pekannya agar lebih bervariasi. Buku-buku tersebut diperoleh selain dari koleksi perpustakaan di Prodi Tadris Bahasa Indonesia juga berasal dari sumbangan para mahasiswa Prodi Tadris Bahasa Indonesia. Rencananya, selain menyediakan lapak baca buku gratis, mahasiswa Prodi Tadris Bahasa Indonesia ini juga akan membuat kegiatan lainnya untuk menarik minat baca masyarakat, khususnya siswa, seperti lomba membaca puisi, pantun, mewarnai, dan lain-lain.