Gubsu Buka MTQ Sumut di UINSU

Pembukaan MTQ ke-38 di Aula UINSU Kampus I Medan

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Sumut ke-38 di aula UIN Sumatera Utara Kampus I di Jalan Sutomo Medan pada Minggu, 20 Maret 2022. Dalam sambutannya beliau mengatakan, “Pelaksanaan MTQ ini merupakan momentum mengamalkan ajaran Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Semakin banyak orang mengamalkan Al-Qur’an, maka tidak ada lagi orang yang zalim”.

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan mendapat kepercayaan menjadi tuan rumah perhelatan akbar MTQ Sumut ke-38. Menurut Rektor UINSU Medan, Prof. Dr. Syahrin Harahap, M.A., kepercayaan ini merupakan hal spesial karena setelah 30 tahun belum pernah mendapatkan kepercayaan tersebut.

Dalam acara MTQ yang digelar dari 20 s.d. 28 Maret 2022 ini ada beberapa spesifikasi kekhasan yang menonjol dari MTQ sebelumnya. Kekhasannya, antara lain akan diadakan seminar tingkat Asia Tenggara yang dihadiri oleh para alim ulama, ahli dari Asia Tenggara dengan judul “Al-Qur’an dan Pembangunan Masyarakat Bermartabat”. Hasil dari seminar tersebut akan dijadikan bahan bagi pemerintah dan masyarakat dalam melaukan percepatan pembangunan masyarakat bermartabat di Sumut. Khas lainnya yakni niat membuat mushaf Al-Qur’an dengam mozaik Sumut.

Pengelola Prodi Tadris Bahasa Indonesia bersama mahasiswa saat bertugas menjaga stan FITK UINSU Medan

Dalam acara MTQ Sumut ke-38 tersebut, semua fakultas di lingkungan UIN Sumatera Utara Medan turut andil dengan menyediakan stan pameran serta melakukan berbagai kegiatan, seperti diskusi ilmiah, periksa darah gratis, dan sebagainya. Di stan tersebut dipamerkan juga beberapa hasil karya ilmiah, seperti buku dan hasil penelitian dari dosen maupun mahasiswa.