Lesehan Ilmiah Prodi Tadris Bahasa Indonesia

Prodi Tadris Bahasa Indonesia mengadakan acara lesehan ilmiah yang diikuti oleh mahasiswa Prodi Tadris Bahasa Indonesia FITK UIN Sumatera Utara Medan semester II dan semester IV beserta para pengelola prodi dan dosen prodi. Kegiatan ini diadakan di Taman Air Percut, Deliserdang pada Sabtu, 19 Maret 2021. Kegiatan lesehan ilmiah ini bertujuan untuk memperkuat ukhwah islamiyah antara mahasiswa dan dosen Prodi Tadris Bahasa Indonesia.

Kegiatan lesehan ilmiah ini mengusung tema “Bahasa sebagai Wadah Kreativitas dalam Menghadapi Krisis Literasi di Tengah Pandemi”. Walaupun perkuliahan saat ini adalah sistem perkuliahan hybrid, mahasiswa tetap harus aktif dalam berbagai kegiatan dan mengembangkan kompetensi yang ada pada dirinya. Salah satu upaya menggali kompetensi mahasiswa tersebut dengan cara mengadakan acara lesehan ilmiah yang tujuannya selain untuk bersilaturahmi antara dosen dengan mahasiswa, juga melihat kompetensi mahasiswa yang mungkin akan terlihat dalam acara tersebut.

Sebagai mahasiswa Prodi Tadris Bahasa Indonesia, literasi merupakan kegiatan mendasar yang harus dikuasai oleh mahasiswa, seperti kegiatan membaca, menulis, mendengar, dan berbicara agar nantinya dapat menjadi mahasiswa yang terampil dalam segala hal. Literasi menjadi suplemen utama mahasiswa untuk mengembangkan daya nalar, pola pikir, dan kekritisannya. Literasi yang terus dibudayakan, mampu membuat produktivitas mahasiswa juga meningkat.

Dalam acara lesehan ilmiah tersebut, para pengelola prodi juga menyampaikan materi terkait beberapa manfaat literasi bagi mahasiswa. Manfaat literasi tersebut, di antaranya dapat meningkatkan pengetahuan kosakata, membuat otak bisa bekerja optimal, menambah wawasan, mempertajam diri dalam menangkap suatu informasi dari sebuah bacaan, dan banyak lagi manfaat lainnya. Semoga dengan adanya kegiatan lesehan ilmiah tersebut, bisa bermanfaat bagi mahasiswa Prodi Tadris Bahasa Indonesia dalam meningkatkan kemampuan literasinya.